contoh soal UKG untuk SD
Question Excerpt
From UJI KOMPETENSI GURU KELAS SD 100 SOAL
Q.1)
|
152 + 52 = n. n adalah . . . .
|
A.
|
225
|
B.
|
250
|
C.
|
325
|
D.
|
400
|
Q.2)
|
580 - n = 108 + 460 n = . . . .
|
A.
|
8
|
B.
|
12
|
C.
|
18
|
D.
|
22
|
Q.3)
|
Air PAM digunakan untuk ......
|
A.
|
keperluan rumah tangga
|
B.
|
pengairan lahan pertanian
|
C.
|
pengolahan hasil hutan
|
D.
|
pemeliharaan ikan
|
Q.4)
|
Ali, Amir dan Adi mempunyai tali yang masing - masing
panjangnya adalah 90 dm, m dan 750 cm. Panjang tali ketiga anak tersebut adalah . . . .
|
A.
|
21 m
|
B.
|
22 m
|
C.
|
23 m
|
D.
|
24 m
|
Q.5)
|
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar
dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga
orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar,
bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima.
Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama
Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang
kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga
Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya. Kemarau
terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya
hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar
terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang
menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping
Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan
kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan
ratu. (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai) Berdasarkan
kutipan dongeng tersebut, perbedaan watak Pangeran Seta dan Pangeran Rasi
adalah ......
|
A.
|
Pangeran Seta bersifat bijaksana, sedangkan Pangeran Rasi
rendah hati.
|
B.
|
Pangeran Seta bersifat serakah, sedangkan Pangeran Rasi
baik hati.
|
C.
|
Pangeran Seta bersifat kasar, sedangkan Pangeran Rasi
santun.
|
D.
|
Pangeran Seta bersifat dermawan, sedangkan Pangeran Rasi
serakah.
|
Q.6)
|
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar
dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga
orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar,
bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima.
Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama
Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang
kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga
Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya. Kemarau
terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya
hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar
terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang
menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping
Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan
kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan
ratu. (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai) Amanat
yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah …
|
A.
|
Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
|
B.
|
Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
|
C.
|
Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
|
D.
|
Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
|
Q.7)
|
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar
dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga
orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar,
bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima.
Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama
Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang
kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga
Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya. Kemarau
terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya
hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar
terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang
menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping
Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan
kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan
ratu. (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai) Kata
'menebang' berasal dari kata .............
|
A.
|
nebang
|
B.
|
tebang
|
C.
|
metebang
|
D.
|
tebangan
|
Q.8)
|
Apa yang dimaksud dengan amendemen?
|
A.
|
Perubahan undang-undang atau penambahan terhadapnya.
|
B.
|
Pembatalan undang-undang.
|
C.
|
Pemberlakuan kembali undang-undang.
|
D.
|
Pembubaran anggota parlemen yang sedang menyusun
undang-undang.
|
Q.9)
|
Aspek positif perilaku konsumtif dibawah ini adalah
|
A.
|
mengurangi kesempatan menabung
|
B.
|
menambah lapangan kerja
|
C.
|
hidup boros
|
D.
|
berprilaku konsumtif
|
Q.10)
|
Ayam, merak dan burung = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
dekapoda
|
Q.11)
|
Bacalah laporan hasil pengamatan berikut! Objek
pengamatan: Kerbau Tempat : Di kandang kerbau Pak Sanif, Desa
Mekarwangi Waktu : Pukul 14.00−15.30 Tanggal 21 Januari 2006
Hasil-hasil Pengamatan Gerakan kerbau sangat lamban. Namun, hewan ini
adalah pekerja yang ulet. Ia sanggup bekerja seharian penuh membajak sawah.
Kerbau merupakan binatang kandang yang terbesar. Ia punya tanduk panjang dan
kuku yang kuat. Namun, ia tidak galak. Ia senang bersahabat kepada seorang
bocah sekalipun. Kerbau juga sangat setia kepada majikannya. Jarang sekali ia
mengamuk ataupun berontak. Kerbau biasa hidup tertib. Ia pun tidak senang
mengembara jauh dari kandangnya. Karena itu, para penggembalanya dapat asyik
tidur-tiduran tanpa rasa takut kehilangan. (Dikutip dari Intisari Bahasa
Indonesia, Penerbit Pustaka Setia) Topik laporan hasil pengamatan
tersebut adalah ….
|
A.
|
makanan kesukaan kerbau
|
B.
|
ukuran tubuh kerbau
|
C.
|
tingkah laku kerbau
|
D.
|
tugas-tugas kerbau
|
Q.12)
|
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut
bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati
orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah
menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan
buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya.
Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya
dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung,
jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari
tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh
perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat
berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan
yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi
seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya
bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Di tingkat mana
Sony berhasil menjadi juara lomba menulis puisi anak?
|
A.
|
provinsi
|
B.
|
kecamatan
|
C.
|
kabupaten
|
D.
|
Kelurahan
|
Q.13)
|
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut
bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati
orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah
menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan
buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya.
Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya
dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung,
jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari
tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh
perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat
berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan
yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi
seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya
bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Mengapa
karya-karya ayah Sony digemari banyak orang?
|
A.
|
Karena ayah Sony baik hati dan senang menolong orang.
|
B.
|
Karena karya-karya ayah Sony berisi cerita petualangan.
|
C.
|
Karena tulisan ayah Sony dinilai dapat membahagiakan hati.
|
D.
|
Karena ayah Sony terkenal sebagai seorang penulis yang
hebat.
|
Q.14)
|
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut
bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati
orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah
menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan
buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya.
Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya
dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung,
jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari
tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh
perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat
berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan
yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi
seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya
bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Kesimpulan isi
bacaan tersebut adalah …
|
A.
|
Setiap orang memiliki bakat terpendam yang hebat.
|
B.
|
Prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan
kemauan kuat.
|
C.
|
Dorongan orang tua sangat penting agar anak menjadi
pintar.
|
D.
|
Kebahagiaan bisa dicapai dengan tekun menulis cerita.
|
Q.15)
|
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut
bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati
orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah
menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan
buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya.
Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya
dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung,
jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari
tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh
perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat
berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan
yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi
seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya
bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Apa yang menjadi
harapan Sony di masa depan?
|
A.
|
menerbitkan banyak buku
|
B.
|
menjadi juara di setiap lomba
|
C.
|
menjadi seorang penulis terkenal
|
D.
|
menulis puisi yang bagus-bagus
|
Q.16)
|
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut
bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati
orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah
menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan
buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya.
Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya
dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung,
jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari
tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh
perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh.
Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam
dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis
terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat
bagi semua orang, khususnya anak-anak. Bagaimana cara Sony meraih
berbagai prestasi?
|
A.
|
Sony mewarisi kemahiran menulis dari ayahnya.
|
B.
|
Sony terus-menerus menulis tanpa mengenal waktu.
|
C.
|
Sony meminta dorongan semangat dari keluarganya.
|
D.
|
Sony berkemauan kuat dan tekun menulis.
|
Q.17)
|
Bagaimana bunyi butir pertama dasar negara dalam Piagam
Jakarta sebelum diubah?
|
A.
|
Persatuan Indonesia
|
B.
|
Ketuhanan Yang Maha Esa.
|
C.
|
Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi
pemeluk-pemeluknya.
|
D.
|
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan perwakilan.
|
Q.18)
|
Barang dan Jasa yang dikonsumsi dapat digolongkan
menjadi 3. Contoh yang benar dibawah ini adalah barang yang habis satu kali
pakai adalah ...
|
A.
|
makanan, minuman
|
B.
|
minuman
|
C.
|
makanan
|
D.
|
pakaian, sabun mandi
|
Q.19)
|
Batu apung digunakan untuk keperluan ....
|
A.
|
pengasah kayu supaya halus
|
B.
|
mengasah pisau agar tajam
|
C.
|
bahan pengeras jalan
|
D.
|
dinding dan lantai rumah
|
Q.20)
|
Batu bara dapat digunakan sebagai bahan pembuat …
|
A.
|
aspal dan lem
|
B.
|
solar dan pelumas
|
C.
|
nilon dan kokas
|
D.
|
oil dan solar
|
Q.21)
|
Beberapa orang dari buruh Pak Basir bertugas mengandangkan
sapi. Makna kata berecetak miring pada, kalimat tersebut adalah ...
|
A.
|
memasukkan
|
B.
|
membuat
|
C.
|
menggiring
|
D.
|
menyimpan
|
Q.22)
|
Bentuk persen dari 2/5 adalah .........
|
A.
|
50%
|
B.
|
10%
|
C.
|
40%
|
D.
|
20%
|
Q.23)
|
Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar
Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
|
A.
|
adanya gangguan hubungan keruangan
|
B.
|
kesulitan dalam bahasa dan membaca
|
C.
|
gangguan mengenal dan memahami simbol
|
D.
|
performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
|
Q.24)
|
Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada
siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
|
A.
|
suara
|
B.
|
kosakata
|
C.
|
artikulasi
|
D.
|
kelancaran
|
Q.25)
|
Berikut ini yang termasuk cara perkembangbiakan
vegetatif buatan pada tumbuhan yaitu . . . .
|
A.
|
rhizoma
|
B.
|
geragih
|
C.
|
stolon
|
D.
|
mengenten
|
Q.26)
|
Binatang bersel satu = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
amuba
|
Q.27)
|
Binatang menyusui = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
dekapoda
|
Q.28)
|
Dalam menjalankan tugasnya, presiden dibantu oleh wakil
presiden dan para menteri. Siapakah yang menentukan dan memilih para menteri?
|
A.
|
Rakyat
|
B.
|
MPR.
|
C.
|
DPR.
|
D.
|
Presiden.
|
Q.29)
|
Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika
guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru
telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk
mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
|
A.
|
kesehatan
|
B.
|
status
|
C.
|
penampilan
|
D.
|
pekerjaan
|
Q.30)
|
Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD
mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di
masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
|
A.
|
mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
|
B.
|
melaksanakan hidup rukun di masyarakat
|
C.
|
mengenal lingkungan rumah dan sekolah
|
D.
|
mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
|
Q.31)
|
Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar:
‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air,
pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa
yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya
dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru
dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
|
A.
|
seks
|
B.
|
penampilan
|
C.
|
kesehatan
|
D.
|
pekerjaan
|
Q.32)
|
DPR bekerja sama dengan presiden untuk menyusun
undang-undang. Menyusun undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . .
.
|
A.
|
yudikasi
|
B.
|
anggaran
|
C.
|
legislasi
|
D.
|
eksekusi
|
A.
|
tanya
|
B.
|
titik
|
C.
|
seru
|
D.
|
titik koma
|
Q.34)
|
Hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur
pemerintahannya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang
berlaku disebut . . ..
|
A.
|
pemerintahan otoriter
|
B.
|
pemerintah daerah
|
C.
|
otoritas daerah
|
D.
|
otonomi daerah
|
Q.35)
|
Hasil dari 63 x 33 adalah ....
|
A.
|
2.079
|
B.
|
3.888
|
C.
|
3.777
|
D.
|
3.666
|
Q.36)
|
Hasil kerja panitia sembilan adalah
|
A.
|
sembilan emas jakarta
|
B.
|
soekarno ketua PPKI
|
C.
|
piagam jakarta
|
D.
|
Indonesia menang dari penjajah
|
Q.37)
|
Hewan berkaki sepuluh = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
dekapoda
|
Q.38)
|
Himpunan bilangan cacah yang merupakan kelipatan 6 ,
antara 18 dan 60 adalah . . . .
|
A.
|
{ 24, 30, 36, 42, 48, 54 }
|
B.
|
{ 16, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60 }
|
C.
|
{ 24, 30, 36, 48, 54 }
|
D.
|
{ 24, 30, 42, 48, 54 }
|
Q.39)
|
Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara
kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan
kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
|
A.
|
Santosa S. Hamidjaja
|
B.
|
Mattew B. Milers
|
C.
|
Sumantri Mulyani
|
D.
|
Rabbin
|
Q.40)
|
Jumlah bilangan prima dari bilangan antara 25 s/d 50
adalah …
|
A.
|
71
|
B.
|
72
|
C.
|
156
|
D.
|
187
|
Q.41)
|
Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa
sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa)
alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
|
A.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Indonesia
|
B.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Eropa
|
C.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
|
D.
|
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di
Afrika
|
Q.42)
|
Kerajaan Islam pertama di Indonesia
|
A.
|
kerajaan Aceh
|
B.
|
Kerjaan Demak
|
C.
|
Kerjaan Majapahit
|
D.
|
kerajaan Samudra Pasai
|
Q.43)
|
Kerajaan Tarumanegara berdiri pada tahun...
|
A.
|
1971
|
B.
|
680 SM
|
C.
|
450 M
|
D.
|
420 SM
|
Q.44)
|
Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada
siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang
disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan
demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
|
A.
|
penampilan
|
B.
|
pekerjaan
|
C.
|
sekolah
|
D.
|
status
|
Q.45)
|
Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik)
berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 adalah kompetensi …..
|
A.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
|
B.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan social.
|
C.
|
Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
|
D.
|
Pedagogik, professional, manajeria, dan sosial.
|
Q.46)
|
KPK dan FPB
dari 32,48 dan 54 adalah ...
|
A.
|
864 dan 2
|
B.
|
918 dan 2
|
C.
|
864 dan 6
|
D.
|
918 dan 6
|
Q.47)
|
KPK dari bilangan 12 dan 18 adalah ....
|
A.
|
12
|
B.
|
36
|
C.
|
18
|
D.
|
216
|
Q.48)
|
Kreativitas merupakan salah satu karakteristik
perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
|
A.
|
memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari
yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain |
B.
|
penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat
diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan |
C.
|
berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan
tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan |
D.
|
mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka
penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang |
Q.49)
|
Kutub magnet yang senama apabila didekatkan akan
. . . .
|
A.
|
tarik - menarik
|
B.
|
tolak - menolak
|
C.
|
berhimpitan
|
D.
|
tetap
|
Q.50)
|
Lambang Pecahan desimal dari 3/8 adalah ...
|
A.
|
6,25
|
B.
|
0,375
|
C.
|
37,5
|
D.
|
0,0625
|
Q.51)
|
Lebah mendapatkan madu, dan bunga terjadi penyerbukan.
Kerjasama seperti ini disebut . . . .
|
A.
|
simbiosis mutualisme
|
B.
|
simbiosis komensalisme
|
C.
|
simbiosis parasitisme
|
D.
|
simbiosis sarkasme
|
Q.52)
|
Lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan
keuangan negara adalah . . . .
|
A.
|
Dewan Pertimbangan Agung
|
B.
|
Badan Audit Nasional
|
C.
|
Badan Pemeriksa Keuangan
|
D.
|
Mahkamah Agung
|
Q.53)
|
Luas segitiga 60 cm2 , dan tingginya 24 cm.
Alas segitiga adalah . . . .
|
A.
|
4 cm
|
B.
|
5 cm
|
C.
|
6 cm
|
D.
|
8 cm
|
Q.54)
|
Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang
dilakukan termasuk . . . .
|
A.
|
Bujukan (persuasion)
|
B.
|
Konfirmasi (confirmation)
|
C.
|
Implementasi (implementation)
|
D.
|
Pengembalian keputusan (decision making)
|
Q.55)
|
Mengapa butir pertama dalam Piagam Jakarta diubah?
|
A.
|
Demi menuruti keinginan Ketua BPUPKI.
|
B.
|
Demi memenuhi keinginan Mohammad Hatta.
|
C.
|
Demi menjaga hubungan baik dengan pemerintah Jepang.
|
D.
|
Demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang baru saja
dirintis.
|
Q.56)
|
Mengingat acara tesebut sangat penting, kami harap
Bapak/Ibu datang tepat pada waktunya. Isi penggalan surat undangan tersebut
tepat untuk acara ...
|
A.
|
adat
|
B.
|
syukuran
|
C.
|
rapat
|
D.
|
khitanan
|
Q.57)
|
Menurut bentuknya, magnet buatan diberi nama - nama
sebagai berikut, kecuali . . . .
|
A.
|
magnet U
|
B.
|
magnet batang
|
C.
|
magnet tesla
|
D.
|
magnet ladam
|
Q.58)
|
Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata
pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
|
A.
|
nama-nama keluarga
|
B.
|
penampilan diri
|
C.
|
ikatan kekerabatan
|
D.
|
jenis pekerjaan orang tua
|
Q.59)
|
Nyamuk, belalang dan lebah = . . . .
|
A.
|
aves
|
B.
|
reptilia
|
C.
|
mamalia
|
D.
|
serangga
|
Q.60)
|
Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia
berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak
dalam aspek ….
|
A.
|
sosial
|
B.
|
moral
|
C.
|
intelektual
|
D.
|
emosional
|
Q.61)
|
Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia
sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah
minat terhadap ….
|
A.
|
masalah sosial
|
B.
|
bidang olahraga
|
C.
|
tubuh manusia
|
D.
|
kesehatan manusia
|
Q.62)
|
Para perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat
menghargai perbedaan pendapat. Mereka menjunjung tinggi . . . .
|
A.
|
egoisme
|
B.
|
kesukuan
|
C.
|
toleransi
|
D.
|
kerja keras
|
Q.63)
|
Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar
yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui
pengerjaan soal ….
|
A.
|
4 + 3 = …..
|
B.
|
9 - 6 = …..
|
C.
|
8 - … = ….
|
D.
|
5 + 4 = ….
|
Q.64)
|
Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang
bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran
tersebut adalah ….
|
A.
|
Membangkitkan minat siswa.
|
B.
|
Merangsang siswa lebih aktif belajar.
|
C.
|
Memberi kesempatan siswa berkreasi.
|
D.
|
Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan.
|
Q.65)
|
Penggunaan ungkapan keras kepala pada kalimat di bawah
ini yang tepat adalah ...
|
A.
|
Anak yang datang itu memang keras kepalanya
|
B.
|
Dasar anak keras kepala, sulit diatur.
|
C.
|
Si jagoan itu merasa keras kepala.
|
D.
|
Anak yang baik itu memang keras kepala
|
Q.66)
|
Perhatikan soal-soal di bawah ini.
75
68
27
13____ _ _____ + 58
71 Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering
dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
|
A.
|
proses penghitungan
|
B.
|
memahami simbol
|
C.
|
nilai tempat
|
D.
|
bahasa dan membaca
|
Q.67)
|
Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep
moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak.
Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara
berikut, kecuali ….
|
A.
|
coba-ralat (trial and error)
|
B.
|
pendidikan langsung,
|
C.
|
identifikasi
|
D.
|
observasi
|
Q.68)
|
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
|
A.
|
menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
|
B.
|
memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
|
C.
|
penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
|
D.
|
memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
|
Q.69)
|
Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
|
A.
|
kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan
bertahan
sampai akhir |
B.
|
menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
|
C.
|
mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih
dewasa
|
D.
|
mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
|
Q.70)
|
Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
|
A.
|
mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
|
B.
|
berperan serta dalam permainan logika
|
C.
|
menyukai teman sebaya lawan jenis
|
D.
|
dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
|
Q.71)
|
Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang
berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan,
karakteristik lain disebut . . . .
|
A.
|
Heterofil
|
B.
|
Homofil
|
C.
|
Holomofil
|
D.
|
Homogen
|
Q.72)
|
Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk
dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
|
A.
|
menangkap makna secara penuh
|
B.
|
mengingat kembali kata-kata
|
C.
|
membandingkan informasi yang diterima
|
D.
|
merumuskan alternatif pemecahan masalah
|
Q.73)
|
Salah satu lembaga tinggi negara yang anggotanya
dipilih oleh rakyat lewat Pemilihan Umum adalah . . . .
|
A.
|
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
|
B.
|
Mahkamah Agung
|
C.
|
Mahkamah Konstitusi
|
D.
|
Badan Pemeriksa Keuangan
|
Q.74)
|
Salah satu nilai juang yang dapat diteladani dari para
perumus Pancasila adalah musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?
|
A.
|
Menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan
dengan pendapat sendiri.
|
B.
|
Pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk
menyelesaikan masalah.
|
C.
|
Meninggalkan pendapat sendiri demi mengharapkan pujian
dari orang yang berbeda pendapat.
|
D.
|
Berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang
diyakini kebenarannya.
|
Q.75)
|
Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya
penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud
untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
|
A.
|
Addition
|
B.
|
Restructuring
|
C.
|
Alternation
|
D.
|
Substitution
|
Q.76)
|
Sebuah
gedung yang tingginya 30 meter tampak pada layar televisi tingginya 10 cm,
maka skalanya adalah ....
|
A.
|
1: 200
|
B.
|
1: 300
|
C.
|
1: 400
|
D.
|
1: 500
|
Q.77)
|
Sebuah kubus panjang rusuk 1 sisinya 7 dm, maka volume
kubus tersebut adalah ...
|
A.
|
323 dm3
|
B.
|
343 dm3
|
C.
|
333 dm3
|
D.
|
363 cm3
|
Q.78)
|
Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator
kompetensi adalah :
|
A.
|
Standar Kompetensi
|
B.
|
Kompetensi Dasar
|
C.
|
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
|
D.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Q.79)
|
Sekitar tahun 6000 masehi, di pulau sumatra terdapat
kerajaan...
|
A.
|
sriwijaya
|
B.
|
majapahit
|
C.
|
samudra pasai
|
D.
|
Demak
|
Q.80)
|
Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
|
A.
|
Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
|
B.
|
Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
|
C.
|
Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
|
D.
|
Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
|
Q.81)
|
Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan
pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan
efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut ….
|
B.
|
Standar Kompetensi Lulusan.
|
C.
|
Standar Sarana dan Prasarana.
|
D.
|
Standar Pengelolaan.
|
Q.82)
|
Sumbu simetri lipat pada segilima beraturan adalah ....
|
A.
|
4
|
B.
|
8
|
C.
|
5
|
D.
|
10
|
Q.83)
|
Susi dan
Indri berlatih menari di tempat yang sama. Susi berangkat setiap 3 hari sekali
dan Indri berangkat setiap 4 hari sekali. Pada tanggal 5 April keduanya
berangkat bersama-sama. Keduanya berangkat bersama-sama lagi pada
tanggal … .
|
A.
|
16 April
|
B.
|
17 April
|
C.
|
18 April
|
D.
|
19 April
|
Q.84)
|
Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap
menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan
.................................
|
A.
|
Tahap pengetahuan (kowledge)
|
B.
|
Tahap bujukan (persuasion)
|
C.
|
Tahap pengembalian keputusan (decision making)
|
D.
|
Tahap implementasi (implementation)
|
Q.85)
|
Tahun 1945 nagasaki di bom oleh sekutu pada tanggal
|
A.
|
7 Maret 1945
|
B.
|
16 Juni 1945
|
C.
|
21 April 1945
|
D.
|
9 Agustus 1945
|
Q.86)
|
Tukang nasi goreng adalah salah satu contoh distribusi
|
A.
|
langsung
|
B.
|
tidak langsung
|
C.
|
semi langsung
|
D.
|
semi tidak langsung
|
Q.87)
|
Ujung jarum yang selalu menunjukkan arah utara biasanya
diberi warna . . . .
|
A.
|
merah atau hitam
|
B.
|
hijau atau merah
|
C.
|
merah atau putih
|
D.
|
hitam atau hijau
|
Q.88)
|
Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan
bendabenda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka
kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
|
A.
|
membuat karangan deskriptif
|
B.
|
melengkapi kalimat belum selesai
|
C.
|
menyusun kalimat sederhana
|
D.
|
membaca kalimat sederhana
|
Q.89)
|
Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian
bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah
kemampuan ….
|
A.
|
membagi
|
B.
|
menjumlah
|
C.
|
mengurang
|
D.
|
menghitung
|
Q.90)
|
Yang termasuk distribusi tidak langsung adalah ...
|
A.
|
tukang nasi goreng
|
B.
|
toko sepatu bata
|
C.
|
pedagang
|
D.
|
Kantin
|
Q.91)
|
Adi : “Apa saja kegiatan tutup tahun ini kawan-kawan?”
Didi : “Biasa
Di, perpisahan dengan kakak kelas VI.”
Yus : “Ya, tapi kita dapat usulkan yang lain.”
Ani : Hai ini tidak dapat dibicarakan sekilas, kalau
mau terima usulku adakan rapat.”
Percakapan tersebut menunjukkan bahwa Ani anak yang
cermat dan ....
|
A.
|
semuanya
|
B.
|
tangguh
|
C.
|
tanggungjawab
|
D.
|
laksana
|
Q.92)
|
FPB dari bilangan , 120,
160 dan 200 adalah ....
|
A.
|
40
|
B.
|
80
|
C.
|
60
|
D.
|
90
|
Q.93)
|
Himpunan semesta yang tepat dari P = {3, 5, 7, 9,
11, 13} adalah ... .
|
A.
|
Himpunan bilangan ganjil kurang dari 15
|
B.
|
Himpunan bilangan Prima kurang dari 15
|
C.
|
Himpunan bilangan kelipatan 2 kurang dari 15
|
D.
|
Himpunan bilangan tidak habis dibagi 2
|
Q.94)
|
Panjang sebuah kawat tembaga 56 cm dan panjang
sebatang kawat besi 104 cm. Jika kedua kawat itu harus dipotong sama panjang
dengan panjang maksimum, dari kedua kawat itu akan diperoleh
|
A.
|
8 batang kawat tembaga dan 8 kawat besi
|
B.
|
7 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
|
C.
|
13 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
|
D.
|
14 batang kawat tembaga dan 26 kawat besi
|
Q.95)
|
Hasil dari (
–16 x 3 ) + (–20 : 5 ) adalah ....
|
A.
|
- 52
|
B.
|
- 44
|
C.
|
44
|
D.
|
52
|
Q.96)
|
Luas daerah
segitiga sama kaki 240 cm2 dan panjang alasnya 20 cm. Keliling
segitiga adalah ...
|
A.
|
68
|
B.
|
70
|
C.
|
72
|
D.
|
78
|
Q.97)
|
Salah satu sifat air yang ditunjukkan gambar dibawah
ini adalah …
|
A.
|
permukaan yang tenang selalu mendatar
|
B.
|
bentuknya sesuai dengan wadanya
|
C.
|
dapat meresap melalui celah-celah kecil
|
D.
|
memberikan tekanan di semua arah
|
Q.98)
|
n adalah . . . . |
A.
|
13
|
B.
|
23
|
C.
|
27
|
D.
|
37
|
Q.99)
|
Candi Borobudur di bawah adalah peninggalan dari kerajaan...
|
A.
|
Budha
|
B.
|
Kristen
|
C.
|
Hindu
|
D.
|
Islam
|
Q.100)
|
Bagian Tanah pada gambar dibawah ini yang banyak
mengandung humus adalah ....
|
A.
|
bagian E
|
B.
|
bagian F
|
C.
|
bagian G
|
D.
|
bagian H
|
Komentar
Posting Komentar