PTK SD/MI

Penelitian Tindakan Kelas adalah Pekerjaan Guru untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar dengan menggunakan media/alat peraga atau metode pembelajaran. Tanpa PTK maka guru bisa dikatakan belum profesional. Ayo lakukan dan lakukan PTK di Kelasmu!!!!

Senin, 16 Januari 2012

CONTOH PROPOSAL PTK

A.     JUDUL PENELITIAN

PENGGUNAAN ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM I TENTANG MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA )

B.     BIDANG KAJIAN

Bidang Kajian dalam penelitian ini difokuskan pada permasalahan Penggunaan Alat Peraga Alamiah  pada Pembelajaran IPA

C.     PENDAHULUAN

1.       Latar Belakang Masalah
            Semua guru atau siswa pasti selalu mengharapkan agar setiap proses belajar mengajar dapat mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa dapat memahami setiap materi yang diajarkan , siswapun mengharapkan agar guru dapat menyampaikan atau menjelaskan pelajaran dengan baik, sehingga memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Akan tetapi harapan–harapan itu tidak selalu dapat terwujud. Masih banyak siswa yang kurang memahami penjelasan guru. Ada siswa yang nilainya selalu rendah, bahkan ada siswa yang tidak bisa mengerjakan soal atau jika mengerjakan soalpun jawabannya asal–asalan. Semua itu menunjukkan bahwa guru harus selalu mengadakan perbaikan secara terus menerus dalam pembelajarannya, agar masalah–masalah kesulitan belajar siswa dapat diatasi, sehingga  hasil belajar siswa mencapai tujuan yang diharapkan.
            Masalah – masalah yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran tidak muncul begitu saja, tetapi ada faktor–faktor penyebabnya. Apabila guru mampu mengidentifikasi penyebab timbulnya masalah yang dialami oleh siswa , maka guru tersebut akan dapat melakukan penanganan–penanganan yang tepat dalam memecahkan masalah pembelajarannya. Contoh  masalah yang sering muncul dalam pembelajaran yaitu siswa kurang memahami penjelasan guru, siswa tidak mengerti kata, kalimat, bentuk kalimat, yang diucapkan ataupun yang ditulis.  Hal Ini  mungkin  karena  penjelasan  guru tidak  disertai  alat  peraga  atau alat peraga kurang atau bahkan tidak sesuai.
Sejujurnya penggunaan alat peraga untuk pembelajaran IPA di SD jarang bahkan hampir tidak pernah digunakan oleh guru-guru SD, padahal alat peraga itu ada. Akhirnya alat peraga itu hanya jadi pajangan kantor  atau tersimpan rapi di lemari. Alat peraga IPA tidak perlu mahal, kita bisa menemukannya di sekitar kita seperti kebun sekolah, sawah, sungai, dan semua yang kita lihat di alam raya ini.  Oleh karena itu tugas PTK yang kami laksanakan ini mencoba mengambil tema “ Penggunaan Alat Peraga Alamiah Untuk Meningkatkan  Pemahaman Siswa Terhadap Materi Bagian–Bagian Tumbuhan dalam Pembelajaran IPA di SD Karangasem I.” Tentu saja alat peraga yang baik harus ditunjang oleh metode yang sesuai dengan materi pelajaran.

D.     PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH

1. Identifikasi Masalah
      Setelah kami mengevaluasi dan mengamati hasil belajar siswa, serta mengingat kembali proses pembelajaran, maupun melihat catatan harian evaluasi pada akhir pelajaran IPA, ternyata hasil belajar siswa masih banyak masalah yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Masalah -masalah tersebut diantaranya yaitu:
-  siswa membicarakan hal–hal  di luar materi waktu berdiskusi.
- siswa kurang memerhatikan penjelasan guru
- siswa kurang memahami bahasa/ maksud kalimat soal.
- siswa kurang aktif dalam diskusi kelas
               - siswa menjawab soal asal–asalan / tidak tahu
               - masih ada siswa yang tidak aktif dalam diskusi kelompok.
               - beberapa siswa masih bertanya tentang tugas yang haru  dikerjakan.
    - sebagian siswa masih mencontoh/ menyontek dari teman waktu tes.
2. Analisis Masalah
                 Setelah masalah–masalah yang teridentifikasi dianalisis, maka hasilnya menunjukkan bahwa penyebab munculnya masalah tersebut anta lain yaitu;
                 - guru tidak memberi tugas secara individual dalam kerja
                   kelompok.
                 - penjelasan guru tidak disertai oleh pertanyaan/atau balikan.
                  - guru tidak memberi tekanan–tekanan dalam menjelaskan
                    materi.
                  - guru kurang memusatkan perhatian siswa ketika siswa
                    presentasi
                  - guru kurang memberi kesempatan waktu untuk berpikir
                  - guru kurang mengembangkan supervisi
                        - guru tidak menjelaskan secara rinci dan terlalu cepat.
                  - guru kurang bersikap preventif terhadap siswa yang
                     menyontek
3. Perumusan Masalah
                   Berdasarkan hasil analisis yang mengungkap berbagai penyebab  munculnya masalah kekurang-berhasilan pembelajaran IPA tersebut di atas, maka masalah yang menjadi fokus pebaikan itu dapat  dirumuskan sebagai berikut:
“Bagaimana cara mengaktifkan, memotivasi, memusatkan perhatian, memberi
pertanyaan, membimbing diskusi, agar mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pelajaran IPA”.

4. Pemecahan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, pemecahan masalah atau alternatif tindakan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:  
-          guru memberi tugas secara individual yaitu, setiap siswa harus mencatat hasil diskusi  pada buku catatan.
-          guru menjelaskan materi secara sistematis dengan memberikan  pertanyaan atau balikan denga bahasa yang lugas, serta  menggunakan alat peraga/ ilustrasi.
-          guru  mengawasi dan memperhatikan pada seluruh siswa, serta mengambil tindakan persuasif atau preventif..
-          guru memberi kesempatan pada siswa untuk berpikir, ketika melontarkan pertanyaan.
-          guru berusaha  memotivasi siswa  dan memberi latihan latihan penugasan.

E.     TUJUAN PENELITIAN
                     1. Tujuan umum
                   Kegiatan penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan dan menemukan kebenaran  penggunaan alat peraga alamiah pada pembelajaran IPA  dapat  menjelaskan,  memotivasi,  memusatkan    perhatian,  serta  membantu meningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa.

2.      Tujuan Khusus
 Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :
-          Meningkatkan perhatian dan keterlibatan siswa keles IV dalam pembelajaran IPA , melalui penggunaan alat peraga alamiah.
-          Membangkitkan motivasi siswa sehingga proses  belajar mengajar pada pelajaran IPA akan lebih bermakna  dan bergairah.
-           Memusatkan perhatian siswa pada materi yang sedang diajarkan .
-          Membiasakan belajar mandiri dan menemukan sendiri tujuan belajarnya melalui pengamatan terhadap alam sekitar
-          Meningkatkan pemahaman  terhadap materi pelajaran IPA

F.      MANFAAT PENELITIAN

         Manfaat hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:
   a) Bagi guru yaitu dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta membangkitkan rasa percaya diri sehingga akan selalu bergairah dan bersemangat untuk memperbaiki  pembelajarannya secara terus menerus.
   b) Bagi siswa yaitu  dapat meningkatkan  pemahaman dalam menyerap materi yang dipelajari sehingga  proses  dan hasil belajar pun akan lebih meningkat pula.
   c) Bagi  sekolah  yaitu bermanfaat  untuk membantu sekolah  dalam mengembangkan dan menciptakan lembaga pendidikan yang berkualitas yang  akan  menjadi  percontohan atau model bagi sekolah – sekolah,disamping akan terlahir guru – guru yang profesional  berpengalaman dan menjadi kepercayaan orang tua masyarakat serta pemerintah.
Penelitian tindakan kelas ini bermanfaat bagi guru yang mau memperbaiki pembelajarannya terutama pada pelajaran IPA dengan penggunaan alat peraga alamiah. Penggunaan alat peraga alamiah yang menjadi inti penelitian ini merupakan alat peraga/alat bantu pembelajaran IPA yang murah dan mudah yang dapat ditemukan di lingkungan paling dekat di sekitar kita. Guru bisa memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan dan mencari alat peraga alamiah ini, sehingga siswa akan selalu terkait dengan apa yang dipelajari di sekolah dengan lingkungan yang mereka lihat sehari-hari. Jika hal demikian selalu dibiasakan maka keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran IPA akan mudah diwujudkan .Semoga!

G.    KAJIAN PUSTAKA

A.      Pendekatan,  Metode, Dan Evaluasi Pembelajaran IPA

1.       Pendekatan Lingkungan dalam Pembelajaran IPA.
                   Konsep pembelajaran merupakan usaha mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif tertentu dalam kondisi tertentu (Miarso, 2004 : 528). Berangkat dari konsep tersebut maka pemberdayaan dan pengelolaan lingkungan sebagai sumber belajar maupun pendekatan belajar tidak bisa diabaikan.  
Pendekatan pembelajaran yang digunakan berperan penting dalam menentukan berhasil tidaknya proses belajar IPA yang diinginkan. Pendekatan dalam pembelajaran merupakan proses mengalami untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik. Oleh karena itu tiap pokok bahasan yang diajarkan harus menggunakan pendekatan-pendekatan tertentu, dimana guru jangan menggunakan hanya satu atau dua pendekatan saja.
Berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA, antara lain pendekatan lingkungan. Pendekatan lingkungan merupakan pendekatan yang memanfaatkan alam sekitar seperti halaman, kebun, lapang rumput, semak semak, hutan, selokan, sungai, danau, pantai, laut, kawasan industri, dan lain sebagainya untuk dijadikan alat peraga ataupun sumber belajar. Untuk  membuktikan  bahwa  tumbuhan  memiliki  bagian-bagian  mungkin  guru
perlu membawa siswa ke kebun sekolah atau membawa beberapa contoh tumbuhan  yang masih kecil ke kelas, atau memberi tugas secara kelomok untuk membawa macam-macam tumbuhan seperti tanaman padi, jagung, kunyit, bunga, tebu, ubi, singkong, sirih, dan tanaman yang masih berupa bibit. Oleh karena dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA, banyak sekali pendekatan lingkungan yang harus digunakan oleh guru. seperti materi tentang tumbuhan atau hewan sudah pasti  banyak memerlukan contoh kongkrit dari lingkungan  alam sekitar, maka sangat disayangkan apabila dalam penelitian Ilmu Pengetahuan Alam, guru tidak menggunakan pendekatan lingkungan untuk proses pembelajaran siswa.
Pendekatan lingkungan  dalam pembelajaran akan mengatasi kesulitan belajar siswa, pembelajaran akan lebih menarik, mengurangi verbalsme, lebih memusatkan perhatian, dan meningkatkan pemahan siswa, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.
       2. Pendekatan penemuan
Pendekatan penemuan (discovery) merupakan proses belajar untuk menemukan sendiri pemecahan masalah yang dihadapi. Dalam   pendekatan ini siswa dibiarkan menemukan sendiri atau mengalami proses mental sendiri, sedangkan guru hanya memberi bimbingan dan arahan.
Pendekatan ini erat kaitannya dengan teori belajar (Bruner, 1915) yang beranggapan bahwa belajar merupakan sesuatu kegiatan pengolahan informasi untuk menemukan kebutuhan-kebutuhan ,mengenal dan menjelaskan gejala  yang
ada di lingkungan. Dalam penerapannya Bruner mengembangkan model pembelajaran penemuan (discovery learning), yang prinsipnya siswa  memperoleh informasi sendiri dengan bantuan guru dan menggunakan barang nyata (alamiah ).
 Dari uraian singkat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan lingkungan tidak bisa dipisahkan dari pendekatan penemuan. Dimana guru dan siswa akan memerlukan lingkungan dalam menemukan informasi sesuai dengan hakikat manusia yang mempunyai sifat untuk selalu ingin mencari pengetahuan, dan memecahkan masalah sehingga akan memperoleh pengetahuan yang bermakana.
3. Metode Pembelajaran IPA kelas IV SD
Pendekatan pembelajaran di kelas IV SD merupakan awal pembelajaran dengan pendekatan kompetensi bidang mata pelajaran, setelah pembelajaran dengan pendekatan terpadu atau tematik di kelas di bawahnya. Pembelajaran di kelaas IV  lebih menekankan pada pengembangan konsep dan generalisasi  secara logis dan sistematis.
Metode yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar IPA di kelas IV diantaranya ceramah, tanya jawab, latihan atau drill, kerja kelompok, observasi atau pengamataan, experimen atau percobaan, inkuiri, discoveri (penemuan). Siswa dibimbing dengan menggunakan pembelajaran konstruktif yaitu mencari, menemukan,menggolongkan, menyusun, mengkaji, menyimpulkan sendiri atau bersama-sama dalam kerja kelompok tentang tujuan-tujuan pembelajarannya.
Setiap konsep dan sub konsep disajikan dengan melibatkan buku sumber IPA, lingkungan, masyarakat. , atau teknologi. Dengan demikian siswa diharapkan  dapat termotivasi rasa keingintahuannya, menambah wawasan  dan penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan keterampilan proses, ikut serta melestarikan lingkungan, menumbuhkan kesadaran dalam menghargai alam sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.
4. Evaluasi Pembelajaran IPA di Kelas IV SD
Evaluasi pembelajaran IPA meliputi penilaian proses dan hasil. Penilaian proses dibagi atas ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Penilaian yang sifatnya kognitif dilaksanakan dengan tes lisan atau tes tertulis dalam bentuk pertanyaan esai atau bentuk pilihan ganda. Sedangkan penilaian yang bersifat pengembangan psikomotor dan afektif dilaksanakan melalui observasi. Hasil penilaian proses digunakan untuk menentukan kualitas pembelajaran bukan untuk menentukan nilai peserta didik/ siswa.
Penilaian hasil pembelajaran IPA yang bersifat kognitif menggunakan tes bentuk obyektif atau tes bentuk uraian.  Hasil  penilaian hasil digunakan untuk menentukan kualitas tercapainya tujuan belajar siswa. Penilaian yang bersifat psikomotor dengan menggunakan teknik observasi, praktek experimen, pemberian tugas dan lain-lain. Sebagaimana mata pelajaran lain, hasil penilaian mata pelajaran IPA pun diharapkan mencapai hasil yang maksimal sesuai tujuan pembelajaran IPA dan tujuan pendidikan nasional

H.    RENCANA DAN PROSEDUR PELAKSANAAN PENELITIAN
A. Subjek Penelitian
                    Peneltian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Karangasem I Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Mata pelajaran yang menjadi subjek  penelitian yaitu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi pokok “Bagian- bagian tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri”, dengan menggunakan alat peraga  alamiah.
                    Siswa yang Jumlah siswa kelas IV SDN Karangasem I pada saat ini dilaksanakan yaitu sebanyak 36 orang, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa  perempuan. Kapasitas tempat duduk terdiri atas 18  meja dan 36 tempat duduk/ kursi. Tingkat kemampuan para siswa bervariasi ada yang kurang, ada yang sedang dan ada pula beberapa orang di atas rata-rata. Dari data ulangan IPA pada tes jeda semester  tahun 2010 yang baru saja dilaksanakan tercatat siswa yang memiliki nilai di atas KKM yaitu 21 oarang atau 58,3% dari 36 orang siswa. Siswa yang berada dibawah KKM  ada 10 orang siswa atau 27,7% dan sisanya 14% memiliki nilai sama dengan KKM, dimana KKM untu pelajaran IPA semester 1 di SDN Karangasem I yaitu 64,9. Selain itu ada 3 orang yang seharusnya sudah duduk di kelas V mereka tinggal kelas sewaktu di kelas I atau kelas II. Selain sekolah SD siswa Kelas IV ini juga bersekolah di Madrasah Diniyah (MD) pada sore hari. 
B.      Deskripsi per Siklus
       Langkah –langkah yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN Karangasem I dengan materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya adalah sebagai berikut :     
     1. Rencana 
      Siklus I
a. mengondisikan siswa pada situasi pembelajaran
b. menyampaikan tujuan
c. menjelaskan langkah–langkah pembelajaran
d. mengaitkan pelajaran yang lalu dengan yang materi yang akan
    diajarkan
e. Dengan mengamati gambar jenis jenis akar, siswa dan guru
    mengadakan  tanya jawab tentang bagian–bagian tumbuhan
f. membimbing diskusi kelompok mengenai bagian-bagian akar
                           dan  fungsinya.
g. membimbing pengamatan siswa dalam diskusi tentang jenis-
                            jenis akar dan mengelompokkan  tumbuhan berdasarkan jenis
                            akarnya.
                        h. menyimpulkan  pelajaran
                        i.  mengadakan post tes
     Siklus II
a. mengondisikan siswa pada situasi pembelajaran
b. menyampaikan tujuan
c  menjelaskan langkah – langkah pembelajaran
d  mengaitkan pelajaran yang lalu dengan yang materi yang akan
    akan diajarkan
e. dengan mengamati gambar jenis jenis akar, siswa dan guru meng
    adakan  tanya jawab tentang bagian – bagian tumbuhan
f. membimbing diskusi kelompok mengenai bagian - bagian akar
   dan  fungsinya.
g. membimbing pengamatan langsung siswa dalam diskusi tentang
   jenis – jenis akar dan mengelompokkan tumbuhan berdasarkan
                           jenis akarnya.
h. menyimpulkan  pelajaran
                        i. mengadakan post tes            
                       Siklus III         
                       a. mengondisikan siswa pada situasi pembelajaran
                       b. menyampaikan tujuan
                       c. menjelaskan langkah-langkah pembelajaran
                       d. mengaitkan pelajaran yang lalu dengan yang materi yang akan
   akan diajarkan
                       e. Dengan mengamati gambar jenis jenis akar, siswa dan guru meng
                          adakan  tanya jawab tentang bagian-bagian tumbuhan               
                       f. membimbing diskusi kelompok mengenai bagian - bagian akar
                          dan  fungsinya.
                       g  membimbing pengamatan langsung siswa dalam diskusi tentang
                           jenis-jenis akar dan mengelompokkan tumbuhan berdasarkan
                           jenis akarnya.
                       h. menyimpulkan  pelajaran
                        i. mengadakan post tes
      2. Pelaksanaan Penelitian   
            a. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disusun
            b. melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran siswa.
      c. Melakukan tindakan khusus kepada siswa yang memerlukan bimbingan.
     3. Melakukan Pengumpulan Data
      a. Mencatat nilai evaluasi siswa
      b. mencatat hasil pengamatan terhadap sikap siswa
      c. menganalisis hasil pembelajaran
      e Melakukan refleksi terhadaphasil analisis tindakan.

    4. Refleksi
a) Siklus I
Siswa belum semuanya memperhatikan penjelasan guru ketika guru sedang menjelaskan, siswa juga belum seluruhnya aktif dalam kerja kelompok/ diskusi, tercatat juga siswa kurang mengerti terhadap maksud kalimat atau bahasa yang diucapkan guru. Hal ini disebabkan guru kurang menggunakan contoh/ ilustrasi dan penekanan serta alat peraga yang menarik, guru juga tidak memberikan tugas secara individu dalam diskusi/ kerja kelompok, juga guru kurang memberi penekanan-penekanan terhadap kata baru atau kata kunci yang menjadi permasalahan.
b) Siklus II
Siswa sudah mulai memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru, siswa juga mulai aktif berkomunikasi dengan anggota kelompoknya dan mencatat hasil diskusi secara individual, tetapi para siswa kurang aktif ketika diskusi klasikal atau menanggapi kelompok lain ketika presentasi di depan kelas. Namun ada perkembangan yang lebih baik, siswa mulai mengerti bahasa yang dimaksud seperti, bagian-bagian, jenis-jenis, fungsi, bahwa kata-kata tersebut mengandung arti dan maksud yang berbeda.
c) Siklus III
Siswa mulai menunjukkan perkembangan yang lebih baik dari pembelajaran sebelumnya. Siswa sudah aktif memperhatikan penjelasan guru, aktif berdiskusi dan  memahami kata kunci  dalam pokok  bahasan  yang  menjadi
tujuan pembelajarannya. Siswa lebih respon dalam diskusi kelas/ presentasi ataupun tanya jawab. Hal ini disebabkan karena guru sudah menggunakan metode dan alat peraga yang sesuai , serta  cara menjelaskan dan membimbing diskusi kecil dengan lebih intensif. Walau pada tes akhir ada saja siswa yang mau menyontek dari temannya tapi segera bisa diatasi dengan cara mendekati dan diberi  teguran.

I.       JADWAL PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN DALAM PTK MATA PELAJARAN IPA

NO
Hari/ tanggal
Siklus
Materi
1
Sabtu, 16-10-2010
I
Bagian-bagian tumbuhan dan fuingsinya
2
Rabu, 10-11-2010
II
Bagian-bagian tumbuhan dan fuingsinya
3
Rabu, 08-12-2011
III
Bagian-bagian tumbuhan dan fuingsinya


Jadwal Penelitian meliputi beberapa tahapan sebagaimana tertera dalam table di bawah ini !

Kegiatan
Waktu
Oktober
Nopember
Desember
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
A. Persiapan












1.      Penyusunan Dasain












2.      Revisi Desain












B. Pelaksanaan












1.      Pembelajaran Awal












Tes Awal












2.      Siklus 1












Tindakan 1












3.      Siklus 2












Tindakan 2












4.      Siklus 3












Tindakan 3












5.      Tes Akhir












C. Pelaporan












1.      Penyusunan laporan












2.      Penyempurnaan laporan












3.      Pengadaan & Distribusi Laporan














J.      BIAYA PENELITIAN

Diperkirakan penelitian ini akan menghabiskan biaya sebesar Rp. 400. 000.00, dengan perincian sebagai berikiut:
a)      Persiapan Kegiatan                                                              Rp. 120.000.00
-          Biaya Rapat                                                                                   Rp. 30.000.00
-          Menyusun Proposal                                                                       Rp. 25.000.00
-          Revisi Proposal                                                                  Rp. 30.000.00
-          Instrumen                                                                          Rp. 20.000.00

b)      Pelaksanaan Kegiatan (Operasional)                                              Rp. 200.000.00
-          Penjadwalan                                                                      Rp. 40.000.00
-          Pelaksanaan kegiatan PTK                                                 Rp. 40.000.00
-          Pengumpulan refleksi                                                        Rp. 20.000.00
-          Melakukan Refleksi                                                                       Rp. 40.000.00
-          Merencanakan Tindakan Ulang                                         Rp. 20.000.00
-          Lain-lain                                                                            Rp. 18.000.00

c)      Menyusun Laporan                                                               Rp. 80.000.00
-          Analisis data                                                                      Rp. 22.000.00
-          Menyusun Draf Laporan                                                   Rp. 20.000.00
-          Rapat Review Laporan                                                      Rp. 20.000.00
-          Logistik                                                                              Rp. 20.000.00

Jumlah                                                                                                           Rp. 400.000.00


K.    PERSONALIA PENELITIAN KEADAAN GURU / PERSONALIA SDN KARANGASEM I KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA
NO
NAMA
NIP
GOLONGAN
JABATAN
1.  
Diding Jaeludin, S.Pd.
196206081982041004
IV/a
Kepala Sekolah
2.  
Enay, A.Ma.Pd
195809161978032005
IV/a
Guru kls I
3.  
Yuhana, A.Ma.Pd
195506021983032001
IV/a
Guru PAI
4.  
Kanaah, S.Pd.
196706261992022001
III/d
Guru Kls VI
5.  
Ahpad Ependi, S.Pd.
197006072007011008
II/b
Guru Kls V
6.  
CASMAD
196804032007011014
II/a
Guru Kls IV
7.  
Siti Halimah S.Pd.I
                -
 -
Guru Kls III
8.  
Aef Syaeful B.
                -
 -
Guru Penjas
9.  
Yati Sumiati
                -
 -
Guru Kls II
10.   
Siti Arum R.
                -
 -
Guru Kls 1
L.      DAFTAR PUSTAKA

BP Dharma Bakti, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) GBPP  Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alamn (IPA). Jakarta
Budi Wahyono, Nurachmandani, (2008).  Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Eko Prabandari, Murwani Dewi, Kamari, (2007). Ilmu Pengetahuan Alam 4  untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kuraesin, (2004). Belajar Sains 4. Dengan Orientasi Keterampilan Experimen untuk SD kelas IV. Bandung: PT Sarana Pancakarsa
Maryati, Sukisyana, Sudibyo, Dede Yahya, (2004). Sains 4 Mengamati Alam Sekitar. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.
Nasution, (2007). Pendidikan IPA DI SD. Jakarta: Penerbit : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Sri Anitah W, (2007) Strategi Pembelajaran. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Surya, (2007). Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wardhani, Wihardit, (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.



M.   LAMPIRAN-LAMPIRAN
-          Instrumen Penelitian
-          Riwayat Hidup Tim Peneliti
-          Surat keterangan dll  

 



5 komentar:

  1. SAYA MENUCAPKAN BANYAK TERIMAKASIH ATS BANTUAN DARI BAPAK DAN IBU, YG BERIKAN GAMBARAN TENTANG PTK

    BalasHapus
  2. terimakasih atas postingan contoh ptk yang sangat membantu saya

    BalasHapus
  3. terimakasih ini sangat membantu sekali

    BalasHapus