soal-soal PLPG/ guru berprestasi
SOAL SELEKSI GURU BERPRESTASI
Hari :
Selasa
Tanggal :
6 April 2010
Waktu :
120 Menit
I.
PETUNJUK UMUM
1.
Beri tanda silang
(X) huruf A, B, C atau D pada alternatif jawaban yang benar!
2.
Jawaban diisi
pada lembar jawaban.
II.
SOAL
1.
Indikator pencapaian kompetensi adalah ....
A.
perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk
menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian
mata pelajaran.
B.
sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi
dalam suatu pelajaran
C.
menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
D.
memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan,
dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian
kompetensi.
2. Kegiatan
inti dalam pembelajaran dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui
proses ....
A. eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi C. eksplorasi, elaborasi, dan
fresentasi
B.
eksplorasi, elaborasi, dan komunikasi D. eksplorasi, demokrasi, dan reformasi
3. Proses
pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi,
minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar .
Merupakan prinsip-prinsip
penyusunan RPP yaitu ....
A.
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
B.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C.
Mengembangkan budaya membaca dan menulis
D.
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
4. Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
A. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk
lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
B. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
C.
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
D.
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
5. Kurikulum
dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
berkembang secara dinamis, dan oleh karena itu semangat dan isi kurikulum mendorong
peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni. Merupakan frinsif ....
A. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan
kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
B. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni
C. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
D. Seimbang antara
kepentingan nasional dan kepentingan daerah
6. Minggu
efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah ….
A. 34-38
minggu C.
34 – 45 minggu
B.
34 – 40 minggu D.
34 – 50 minggu
7.
Kurikulum adalah
….
A.
Program
pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala,menyeluruh, transparan
dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan
B.
Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoan penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
C.
Ruang lingkup
materi dan tingkat kompetensi bahan kajian, kompetansi mata pelajaran dan silabus
pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis
pendidikan tertentu.
D.
Standar nasional
pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan
pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
8.
Pemerintah menetapkan
delapan Standar Nasional Pendidikan yaitu standar ….
A.
Isi, perencanaan,
kopetensi lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan,sarana dan prasarana, pengelolaan,
pembiayaan, dan penilaian pendidikan
B.
Isi, proses, kopetensi
lulusan,guru dan dosen, sarana dan prasarana, pengelolaan, pebiayaan, dan
penilaian pendidikan
C.
Isi,
proses, kopetensi lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan
prasarana, pengelolaan, pebiayaan, dan penilaian pendidikan
D.
Isi, proses, kopetensi
lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan,sarana dan prasarana, KKM, pebiayaan,
dan penilaian pendidikan
9.
Standar isi
berisi tentang ….
A.
Berkaitan dengan
pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar
kopetensi lulusan
B.
Kriteria
pendidikan prajabatan dan kekayaan fisik maupun ental serta pendidikan dalam
jabatan
C.
Ruang
lingkup materi dan tingkat kompetensi bahan kajian, kompetansi mata pelajaran
dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang
dan jenis pendidikan tertentu.
D.
Standar nasional
pendidikan yang berkaitan dengan mekanise, prosedur dan instrumen penilaian
hasil belajar peserta didik.
10.
Kurikulum Tingkat
Satuan pendidikan adalah ….
A.
Program
pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala,menyeluruh, transparan
dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan
B.
Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan tertentu
C.
Kurikulum yang
berisi bahan kajian, kompetansi mata pelajaran dan silabus pembelajaran yang
harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
D.
Kurikulum
operasional yang disusun dan
dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan
11.
Permendiknas
Nomor 22 tahun 2003 berisi tentang ….
A. Standar Isi C.
Standar Proses
B. Standar Kompetensi Lulusan D. Standar Penilaian Pendidikan
12.
Silabus adalah ….
A.
Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan tertentu
B.
Rencana
pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang
mencakup standar kompetensi,kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran,
indikator, penilaian alokasi waktu dan sumber belajar
C.
Ruang lingkup
materi dan tingkat kompetensi bahan kajian, kompetansi mata pelajaran dan
silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan
jenis pendidikan tertentu.
D.
Standar nasional
pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan
pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
13.
Identitas, Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan pembelajaran, materi ajar, metode
pebelajaran, langkah langkah pebelajaran, alat/bahan/sumber dan penilaian.
Merupakan komponen ….
A. Program semester C. RPP
B. Program remedial D.
Silabus
14.
Penilaian
terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam
waktu tertentu adalah teknik penialaian ….
A. penugasan (proyek/project) C. unjuk kerja
(performance)
B. hasil kerja (product) D. tertulis
(paper&pen)
15.
Kerumitan &
kesulitan indikator, komptensi dasar dan standar kompetensi di dalam kriteria
penetapan KKM merupakan koponen ….
A. Kompleksitas C.
intake siswa
B. daya dukung D.
sarana dan pendidik
16.
Jika indikator
memiliki kriteria: Kopleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa
sedang. Jika penafsiran dengan memberi point pada setiap kriteria maka KKM
indikator tersebut nilainya adalah ….
A. 55,89 C.
88,89
B. 78,89 D.
99,89
17.
Undang-Undang RI
No.14 Tahun 2005 tentang ….
A. Sertifikasi C.
Guru dan Dosen
B. Standar nasional Pendidikan D. Sisdiknas
18.
Kompetensi yang
harus dimiliki oleh seorang guru menurut Permendiknas No 16 Tahun 2007 adalah ….
A.
Mendidik,
melatih mengajar
B.
Pedagogik,
propesional, kepribadian, sosial
C.
Mendidik,
propesional, kepribadian, sosial
D.
Pedagogik,
propesional, mengajar, sosial.
19.
Menguasai
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, oral, sosial, kultural, emosional
dan intelektual termasuk kompetensi guru dibidang ….
A. Sosial C.
kepribadian
B. Pedagogik D.
mendidik
20.
Menguasai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran termasuk kompetensi guru di bidang ….
A. Sosial C.
kepribadian
B. Propesional D. pedagogik
21.
Contoh kopetensi
profesional seorang guru ….
A.
Berkomunikasi
dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau
bentuk lain
B.
Menjunjung
tinggi kode etik profesi guru
C.
Menunjukkan etos
kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya
diri.
D.
Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
22.
Menguasai
standar kompetensi dan kompetensi dasar termasuk kompetensi guru di bidang ….
A. Propesional C.
sosial
B. Pedagogik D.
kepribadian
23.
Bertindak sesuai
dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia termasuk
kompetensi guru di bidang ….
A. Propesional C.
sosial
B. Pedagogik D. kepribadian
24.
Nilai minimal
batas lulus seorang guru dalam sertifikasi yang menggunakan portofolio adalah ….
A. 550 C. 850
B. 750 D.
950
25.
Guru mengajar
dengan menggunakan kegiatan kelompok, sehingga murid menjadi aktif, tetapi
suasana kelas tampaknya gaduh dan tidak terkendali. Untuk pengembangan cara
belajar yang lebih baik, saran manakah berikut ini yang anda anggap paling tepat
….
A.
Guru perlu
memelihara dan menegakkan disiplin murid selama melaksanakan kegiatan kelompok
B.
Guru
perlu menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan kelompok kepada siswa sebelum
kegiatan di mulai
C.
Guru perlu
memberi kesempatan untuk menerapkan metode mengaktifkan siswa
D.
Cara seperti itu
perlu didukung oleh sarana dan ruangan yang memadai untuk kegiatan kelompok.
26.
Selain syarat
pandai mengajar, guru-guru yang ingin berhasil dalam pekerjaan perlu melengkapi
dirinya dengan kewibawaan. Tanda-tanda
manakah bahwa seorang guru yang berwibawa?
A.
Guru mengajar,
murid bersikap tertib dan mengikuti pelajaran dengan baik.
B.
Terjalin
hubungan yang dekat antara murid dengan guru baik di dalam maupun di luar kelas
C.
Murid
melaksanakan dengan senang hati setiap perintah dan tugas yang diberikan guru
D.
Murid hormat, suka dan patuh baik ketika guru ada
maupun tidak ada di sekitar siswa.
27.
Pemerintah
Indonesia telah berhasil menerapkan Keluarga Berencana, alasan apakah berikut
ini yang paling tepat menunjukkan bahwa program tersebut menunjang pendidikan
anak?
A.
Perhatian dan
cinta kasih keluarga akan lebih terjamin
bagi anak
B.
Biaya hidup
untuk anak tidak lagi terlalu memberatkan bagi setiap keluarga
C.
Perkebangan pribadi anak dapat lebih terbina oleh setiap
keluarga
D.
Kesejahteraan
anak akan lebih terjamin dan terhindar dari gangguan fisik dan mental
28.
Pelajaran yang
baik perlu ditunjang oleh alat peraga yang memadai. Suasana apakah berikut ini
yang ditimbulkan oleh penggunaan alat peraga yang efektif dalam pengajaran?
A.
Murid
bergairah memperoleh pengetahuan bukan dari mendengarkan tetapi dalam
pengalaman
B.
Terciptanya
suasana tertib dan murid-murid mengikuti pelajaran dengan baik
C.
Guru dan murid
terlihat secara harmonis dalam menggunakan alat peraga
D.
Murid-murid
aktif karena melibatkan pikiran, perasaan, indera dan psikomotor
29.
Diantara
contoh–contoh di bawah ini, cara membangkitkan motivasi siswa yang dipandang
lebih baik ialah ....
A.
memberikan
nasihat kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh
B.
mengaitkan
tujuan pembelajaran dengan kebutuhan hidup siswa sehari-hari
C.
mempersaingkan siswa secara kelompok
D.
memberikan
pujian kepada siswa yang berprestasi baik
30.
Toto memperoleh
angka enam untuk suatu mata pelajaran. Orang tuanya keberatan karena
nilai–nilai ulangan sebelumnya tujuh. Sebagai guru yang bersikap objektif,
sikap manakah berikut ini yang paling tepat menurut anda ….
A.
Untuk
menghilangkan keraguan, Toto diberi kesempatan menempuh ulangan kembali
B.
Secara terbuka
menjelaskan bahwa Toto memang anak cerdas tetapi kali ini nilainya turun
C.
Dengan
senang hati menjelaskan bahwa angka pelajaran tidak hanya bergantung kepada
ulangan saja
D.
Memberi saran
kepada orang tua Toto untuk meminta penjelasan hal itu kepada kepala sekolah
31.
Dalam Kurikulum
Berbasis Kompetensi terdapat istilah Kompetensi Dasar artinya ....
A.
indikator pencapaian
hasil belajar peserta didik
B.
binaan
keterampilan yang harus dimiliki peserta didik
C.
kemampuan yang
harus dimiliki peserta didik dalam suatu jenjang pendidikan
D.
ukuran
kemampuan minimal yang harus dicapai peserta didik
32.
Keuntungan
kelompok belajar berdasarkan persamaan kemampuan adalah ....
A.
memungkinkan siswa bekerjasama dengan tingkat kemampuan
yang sama
B.
siswa yang
lambat dapat mengikuti siswa yang cepat belajarnya
C.
memungkinkan
siswa belajar lebih mudah
D.
siswa yang
pandai dapat membantu siswa yang lambat belajarnya
33.
Sebelum
pelajaran baru diajarkan, kegiatan pendahuluan yang dapat menumbuhkan perhatian
siswa adalah ....
A.
memberikan tes
awal mengenai pelajaran yang akan diajarkan
B.
mengisi daftar
hadir siswa pada hari itu
C.
mengungkapkan pengalaman sehari-hari siswa kemudian
dikaitkan dengan pelajaran baru
D.
mengulang dulu
pelajaran yang sudah lalu yang ada kaitan dengan pelajaran yang akan diajarkan
34.
Penggunaan
metode mengajar dalam pembelajaran memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut, kecuali ....
A.
sebagai alat
atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran
B.
sebagai acuan
dalam perkembangan kemampuan siswa
C.
sebagai bahan
pertimbangan dalam menentukan alat penilaian
pembelajaran
D.
gambaran aktivitas yang harus ditempuh oleh siswa dan
guru dalam pembelajaran
35.
Kepada siswa
diberikan suatu masalah yang memerlukan pemecahan dengan cara yang tepat. Siswa
mampu menentukan cara pemecahan masalah tersebut dengan cepat dan tepat.
Kemampuan tersebut termasuk hasil belajar berupa ....
A. Strategi Kognitif C. Keterampilan Intelektual
B. Informasi Verbal D.
Keterampilan Motorik
36.
Setiap
mengajukan pertanyaan Bu Mita selalu meminta siswa yang duduk di deretan tengah
untuk menjawabnya, sehingga siswa yang duduk di deretan depan dan belakang
hampir tidak pernah mendapat giliran untuk menjawab. Komponen keterampilan
bertanya yang belum dikuasai bu Mita sehingga kejadian tersebut selalu terjadi
adalah ....
A. memindahkan giliran C.
meningkatkan terjadinya interaksi
B. pemberian tuntutan D. penyebaran
37.
Di bawah ini
yang termasuk contoh sikap tanggap adalah ....
A.
pada awal
pelajaran guru menjelaskan tentang cara kerja dalam kelompok,kemudian guru
menanyakan apakah ada yang kurang jelas
B.
ketika
guru sedang menulis di papan tulis ada siswa yang ribut, guru berhenti menulis
dan memandang siswa yang ribut dengan seksama
C.
guru
mengomentari pekerjaan Chandra yang luar biasa
D.
setelah
menjelaskan guru memandang ke semua siswa
38.
Berikut ini
adalah contoh-contoh penguatan yang diberikan oleh guru, kecuali ....
A.
guru mendekati
Yuli sambil menanyakan masalah yang dihadapinya
B.
sambil
mengangkat tangannya guru berkata, “Memang kelas ini hebat dalam mengatur
ruangan”
C.
“Bagus benar
gambarmu Mawar!”, kata guru sambil mendekat
D.
“Tak pernah
kusangka temanmu sebagus ini“, kata guru kepada Dwi sambil tersenyum
39. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14
tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 35 ayat 2 menyebutkan beban kerja guru
melaksanakan proses pembelajaran dalam satu minggu sekurang-kurangnya ....
A. 10 jam tatap muka C.
18 jam tatap muka
B. 12 jam tatap muka D. 24 jam tatap muka
40.
Guru sebagai
tenaga profesional mengandung arti bahwa ....
A.
pekerjaan guru
hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang berkeinginan untuk mencerdaskan anak
didik tanpa harus adanya kualifikasi akademik
B.
pekerjaan guru
tidak hanya dapat dilakukan oleh seseorang
yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik, tetapi
dapat juga dilakukan oleh siapapun asal punya
itikad untuk mendidik dan mengajar
C.
pekerjaan
guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang memiliki kualifikasi akademik,
kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan
setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu
D.
Pekerjaan guru
tidak harus memiliki kualifikasi akademik
41.
Penilaian
portofolio adalah ....
A.
bentuk instrumen
yang dipakai untuk mengukur kompetensi siswa dalam ranah kognitif
B.
skala sikap yang
digunakan untuk menilai ranah afektif
C.
kumpulan
hasil karya, tugas/pekerjaan siswa yang disusun berdasarkan urutan kategori
kegiatan
D.
bentuk penilaian
untuk mengukur tingkat keberhasilan penyelengaraan pendidikan di sekolah
42. Kegiatan akhir dan kegiatan tindak lanjut merupakan
rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan, karena kegiatan akhir ....
A.
dapat
dijadikan sebagai dasar untuk kegiatan tindak lanjut
pembelajaran
B. menjelaskan tentang tahapan-tahapan belajar
C. tidak berbeda dengan kegiatan tindak lanjut
pembelajaran
D. lebih menitik beratkan pada penutup pelajaran saja
43.
Tujuan
pembelajaran yang termasuk penggunaan aturan adalah ....
A.
siswa dapat
menunjukkan bunga melati dari sejumlah bunga yang disediakan
B.
siswa
dapat menentukan luas sebuah segi tiga, setelah
diketahui ukuran alas dan tingginya
C.
siswa dapat
menyebutkan sifat-sifat air
D.
siswa dapat
menyebutkan sifat-sifat tumbuhan dikotil
44. Faktor pribadi siswa yang harus dipertimbangkan
didalam proses pembelajaran antara lain adalah ....
A. bakat siswa C.
tinggi dan berat badan siswa
B. kebiasaan siswa di rumahnya D. sosial ekonomi orang tua
45.
Untuk
melaksanakan kegiatan inti pembelajaran guru harus memiliki kemampuan,
diantaranya ....
A. memberikan penjelasan dan ilustrasi C.
mengadakan kegiatan yang bervariasi
B. menguasai bahan pelajaran D. mengelola kelas
46. Diantara pernyataan di bawah ini yang menunjukkan
hubungan antara pengelolaan kelas dan pembelajaran adalah ....
A.
Pembelajaran
adalah prasyarat bagi terjadinya proses pengelolaan kelas yang efektif
B.
Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat untuk
pembelajaran yang efektif
C.
Pembelajaran
merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan kelas yang efektif
D.
Pengelolaan
kelas yang efektif tercipta apabila pembelajaran berlangsung secara efektif
47.
Metode simulasi
dapat membentuk pengalaman belajar siswa dalam ....
A.
pemahaman secara
konkret
B.
pemahaman proses
kerja pembersih air
C.
pemahaman
terhadap pembuktian hipotesis
D.
pemahaman dalam menginterpretasi suatu kejadian
48.
Rasa percaya
diri siswa akan timbul apabila ....
A.
guru mengajar
dengan cara sangat tegas
B.
siswa
mempelajari sesuatu dengan sangat tekun
C.
ada
dukungan terhadap prestasinya
D.
media
pembelajaran yang digunakan menarik
49.
Konsentrasi
merupakan salah satu kondisi yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan
belajar.
Maksud dari
pernyataan di atas adalah ....
A.
terbaginya
perhatian siswa dalam kegiatan diskusi
B.
rasa senang
siswa untuk mempelajari sesuatu
C.
adanya dorongan
dari dalam diri siswa untuk belajar
D.
terpusatnya perhatian siswa pada saat PBM berlangsung
50.
Keuntungan-keuntungan
yang dapat diperoleh apabila guru menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar
adalah ....
A.
belajar akan lebih bermakna
B.
aktivitas guru
akan lebih meningkat
C.
menumbuhkan
antusiasme mengajar
D.
memperkaya wawasan
guru tentang lingkungan
51. Pengertian pendidikan menurut UUSPN No.20 / 2003
adalah ….
A.
Mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
B.
Usaha sadar
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
C.
Usaha
sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa
dan negara.
D.
Usaha
sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang
diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
52.
Pendidikan yang
berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan
tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. menurut UUSPN No. 20/2003 merupakan
pengertian dari ….
A.
Sistem pendidikan nasional C. Pendidikan nasional
B.
Tenaga
kependidikan D.
Jenis pendidikan
53. Menurut UUSPN No.20 / 2003, Pendidikan formal adalah ....
A. jalur pendidikan keluarga dan lingkungan
B.
jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang
terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi
C.
wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam
suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan
D.
keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk
mencapai tujuan pendidikan nasional
54. Akreditasi menurut PP No.19 Thn 2005 adalah ….
A.
kegiatan
pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai
komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai
bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan
B. kegiatan yang dilakukan untuk mengukur
pencapaian kompetensi peserta didik
C.
standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan
mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.
D.
kegiatan
penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria
yang telah ditetapkan
55. Landasan hukum Undang-Undang guru dan dosen yaitu
....
A. UU RI No 14 Tahun 2005 C. UU RI No
19 Tahun 2004
B. UU RI No 14 Tahun 2004 D.
UU RI No 20 Tahun 2003
56. Salah satu aspek kompetensi paedagogik adalah ….
A.
menjadi teladan
peserta didik
B.
mengelola
pembelajaran peserta didik
C.
penguasaan materi pelajaran secara luas
D.
berkomunikasi
dan bertindak dengan peserta didik
57.
Menurut paal 35
ayat 2 UU guru dan dosen, beban kerja guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran sekurang-kurangnya adalah ….
A.
6 jam tatap muka C. 24 jam tatap muka
B.
18 jam tatap
muka D.
30 jam tatap muka
58. Dasar hukum
Badan Standar Nasional Pendidikan adalah
Peraturan Pemerintah Nomor ….
A.
19
tahun 2003 C.
22 tahun 2003
B.
20 tahun 2003 D.
24 tahun 2003
59.
Standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan
yang berkaitan dengan ....
A.
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat
satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi
dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.
B.
isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu
C.
kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu
pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang,
dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan
pendidikan
D.
secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk
memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik .
60.
Pengertian Kurikulum menurut PP No. 19 Thn 2003 adalah
....
A.
kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu
pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang,
dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan
pendidikan.
B.
proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk
mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
C.
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,
dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
D.
rambu-rambu yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah
untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan silabusnya pada setiap satuan
pendidikan.
61.
Evaluasi pendidikan menurut PP No. 19 Thn 2003 adalah
....
A.
isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu
B.
kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu
pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang,
dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.
C.
penilaian yang dilakukan guru di dalam kelas maupun diluar kelas yang
memperhatikan semua aspek pembelajaran
D.
seperangkat kegiatan dari perencanaan proses pembelajaran yang
memperhatikan kedalaman materi ajar
62.
Di bawah ini adalah Prinsip Pengembangan
Kurikulum kecuali ....
A.
Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
B.
Tanggap terhadap perkembangan iptek dan seni
C.
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
D.
Berbudaya, berkesinambungan dan berpihak kepada
otonomi sekolah
63.
Kegiatan Pengembangan Diri pada kurikulum 2006
adalah ….
A.
Dialokasikan waktu
ekuivalen 2 (dua) jam pelajaran.
B.
Terintegrasi pada mata pelajaran agama dan PPKn
sebanyak dua jam pelajaran
C.
Dilaksanakan pada kegiatan ekstrakurikuler
sebanyak dua jam pelajaran
D.
Dilaksanakan pada kegiatan kokulikuler sebanyak
dua jam pelajaran
64.
Pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa akan mendapat pengertian mengenai
proses dan materi yang tidak
terpecah-pecah hal tersebut merupakan ....
A.
Manfaat Pembelajaran Tematik C. Landasan Pembelajaran Tematik
B.
Arti penting
pembelajaran tematik D. Pengertian Pembelajaran
Tematik
65.
Ibu Eti mengajar
dengan menggunakan kegiatan kelompok,sehingga murid menjadi aktif, tetapi
suasana kelas tampaknya gaduh dan tidak terkendali. Untuk pengembangan cara
belajar yang lebih baik, saran manakah berikut ini yang Anda anggap paling
tepat ….
A.
Ibu Eti perlu
memelihara dan menegakkan disiplin murid selama melaksanakan kegiatan kelompok
B.
Ibu
Eti perlu menjelaskan cara pelaksanaan kegiatankelompok kepada siswa sebelum
kegiatan dimulai
C.
Ibu Eti perlu
memberi kesempatan untuk menerapkan metode yang mengaktifkan siswa
D.
Cara seperti itu
perlu didukung oleh saran dan ruang yang memadai untuk kegiatan kelompok
66.
Pemerintah
Indonesia telah berhasil menerapkan “Keluarga Berencana” di bawah ini alasan
yang paling tepat menunjukkan bahwa program tersebut menunjang pendidikan anak
adalah ….
A. Perkembangan pribadi anak dapat lebih terbina oleh
setiap keluarga
B. Kesejahteraan anak lebih terjamin dan terhadir dari
ganguan fisik dan mental
C. Perhatian dan cinta kasih dari keluarga akan lebih terjamin bagi anak
D. Biaya hidup anak tidak lagi tersedia memberatkan
bagi setiap keluarga
67.
Tingkah laku
Dudi mengganggu dan menghambat kelancaran kegiatan kelas. Anggota kelas telah
sampai pada keputusan untuk tidak memberikan kesempatan kepada Dudi untuk
kesekian kalinya mengganggu kelas lagi, meminta Dudi diam dan duduk dengan
baik. Andai kata guru Dudi meminta anda mengatasi masalah itu, tindakan yang
paling baik anda lakukan adalah ….
A.
menasehati dan
menyadarkan Dudi agar tidak terus menganggu karena merugikan dirinya dan kelas
B.
memberi
perhatian khusus kepada Dudi agar dia tidak mencari perhatian dengan mengganggu
teman lain
C.
menguasai Dudi
sebagai ketua kelas dengan tugas memimpin memelihara ketertiban kelas
D.
memberi pujian
bila dalam suatu hari Dudi tidak bertingkah laku mengganggu kelas
68.
Guru membagikan
hasil ulangan murid yang sudah diberi tanda pada bagian-bagian yang salah murid
dimana menuliskan alasan mengapa bagian-bagian tertentu itu salah. Mereka
diperbolehkan berdiskusi dan membaca buku sehingga kelas menjadi gaduh. Dalam
upaya meningkatkan prestasi belajar murid, tujuan yang anda anggap paling tepat
mendasari tindakan guru tersebut adalah ….
A. memberi kesempatan kepada murid untuk belajar dari kesalahan mereka sendiri
B.
memberi
kesempatan kepada murid untuk berfikir ulang atas kesalahan yang diperbuat
C.
memberi kesempatan
kepada murid untuk mengetahui jawaban yang benar dan yang salah
D.
memberi
kesempatan kepada murid untuk memanfaatkan sebaya sebagai sumber belajar
69.
Kelas Pak Latif
biasanya, merupakan kelas yang baik dan bersemangat tinggi dalam belajar.
Namun, ketika Ibu Dani datang di kelas itu sebagai guru pengganti, siswa
menjadi ribut. Agar kegiatan mengajar berlangsung dengan baik, tindakan Ibu
Dani di bawah ini yang menurut anda paling baik adalah….
A. Bersikap tegas agar mereka terbiasa dalam disiplin
belajar sehari-hari
B. Menanyakan kepada siswa apa yang menyebabkan kelas
menjadi ribut
C.
Mengemukakan perasaannya secara terbuka agar timbul pengertian dari siswa
D.
Menyelingi pelajaran, Ibu Dani menggunakan kiat yang dapat menarik
perhatian siswa
70.
Eddy dikenal sebagai murid yang pandai, tetapi sering ia mengganggu kawan
kelasnya. Untuk kepentingan perkembangan
pribadi Eddy, tindakan berikut ini yang sebaiknya dilakukan oleh gurunya
adalah ....
A.
melakukan tindakan disiplin yang bijaksana kepada Eddy untuk merubah
perilakunya
B.
memberi Eddy tugas sebagai ketua kelas untuk memimpin teman-temannya dalam
kegiatan sekolah
C.
memberi Eddy tugas sebagai ketua kelopok belajar untuk mengantur
teman-temannya belajar
D.
melakukan pendekatan khusus kepada Eddy untuk memahami perilaku yang
aneh itu
71.
Murid-murid melakukan kebebasan, namun harus dijaga jangan sampai mereka
bertindak semaunya. Jika anda sebagai guru diberi tugas untuk menyusun
peraturan tata tertib murid dengan memperhatikan berbagai aspek pendidikan,
cara berikut ini yang anda anggap paling baik adalah ....
A. mempertimbangkan masukan dari pihak-pihak
yang bersangkutan dengan murid, dia menyusun peraturan.
B.
Berdasarkan pola tingkah laku murid pada umumnya, bersama guru lain dia
menyusun peraturan itu
C.
Berdasarkan kasus-kasus perilaku murid yang terjadi di lingkungan sekolah,
ia menyusun peraturan itu
D.
Berdasarkan pola tingkah laku murid pada umumnya, bersama guru lain dia
menyusun peraturan itu
72.
Peningkatan pengembangan sikap saling menghargai dapat ditempuh melalui
terciptanya hubungan antara manusia. Hubungan berikut ini yang paling banyak
memuat unsur-unsur pengembangan pribadi adalah ....
A.
Pak Ketut mengusulkan perbaikan aliran air kampung kepada kepala rukun
kampung
B.
Arbi bersama dengan teman kelompoknya belajar mengerjakan
tugas sekolah yang segera harus diselesaikan
C. Rudi memimpin diskusi kelompok membahas topik yang
hangat di masyarakat
D.
Pak Dedi menasehati anaknya yang sering terlambat bangun pagi hari sehingga
terlambat sekolah
73.
Sebagai guru kelas, Ibu Santi menguasai semua mata pelajaran yang
diajarkan. Prestasi belajar murid-muridnya pada umumnya baik, tetapi banyak
diantara mereka yang nakal. Dilihat dari tugas guru dalam mengembangkan pribadi
murid-murid secara utuh, pendapat tentang Ibu Santi di bawah ini yang paling
tepat adalah ....
A.
ia mengajar dengan baik, tetapi masih perlu meningkatkan
penegakkan disiplin murid-muridnya
B.
ia mengajar dengan baik, tetapi masih perlu melakukan pendekatan pribadi
murid-muridnya
C.
ia mengajar dengan baik, tetapi perlu mengurangi pemberian kebebasan kepada
murid-muridnya
D.
ia mengajar dengan baik, tetapi masih perlu meningkatkan pendidikan watak
bagi murid-muridnya.
74.
Pulang mengajar Ibu Erni kedatangan orang tua salah seorang muridnya.
Dengan menyadari peranannya sebagai guru, meskipun badan letih dan perut lapar,
Ibu Erni tetap mendengarkan dengan seksama dengan keluhan tamu tersebut tentang
anaknya. Menurut pendapat anda sikap Ibu Erni itu pertama-tama karena dia ....
A. Mewujudkan kewajiban guru untuk berkorban bagi anak
didiknya
B. Menjunjung tinggi citra guru di masyarakat sebagai
pendidik
C. Melaksankan konsekuensi pekerjaan guru yang selalu siap
menolong muridnya
D. Menghargai orang lain sebagai tamu yang mempunyai
permasalahan
75.
Doni memperoleh angka enam untuk suatu mata pelajaran, orang tuanya
keberatan karena nilai-nilai ulangan sebelumnya tujuh. Sebagai guru yang
bersikap objektif, sikap berikut ini yang paling tepat menurut anda adalah ....
A.
dengan senang hati, menjelaskan bahwa angka pelajaran
tidak hanya bergantung kepada ulangan saja
B.
menyarankan kepada orang tua Doni untuk meminta penjelasan hal itu kepada
sepala sekolah
C.
secara terbuka, menjelaskan bahwa Doni memang anak cerdas tetapi kali ini
nilainya turun
D.
untuk menghilangkan keraguan, Doni diberi kesempatan menempuh ulangan
kembali
76.
Pelajaran yang baik perlu ditunjang oleh alat peraga yang memadai
suasana berikut ini yang ditimbulkan
oleh penggunaan alat peraga yang efektif dalam pengejaran adalah ....
A.
murid bergairah memperoleh pengetahuan bukan dari
mendengarkan tetapi dari pengalaman
B. terciptanya suasana tertib dan murid-murid
mengikuti pelajaran dengan baik
C. guru dan murid terlihat secara harmonis dalam
menggunakan alat peraga
D. murid aktif karena melibatkan pikiran, perasaan,
indera dan psikomatrik
77.
Cara membangkitkan motivasi belajar siswa
dipandang lebih baik dari contoh-contoh di bawah ini ialah ….
A.
memberikan pujian kepada
siswa yang berprestasi baik
B.
mempersaingkan siswa secara berkelompok
C.
mengaitkan tujuan pembelajaran dengan
kebutuhan hidup siswa sehari-hari
D.
memberikan nasihat kepada siswa supaya
belajar sungguh-sungguh
78.
Penggunaan metode mengajar dalam
pembelajaran, memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut, kecuali ….
A.
sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan
alat penilaian pembelajaran
B.
gambaran aktivitas yang
harus ditempuh oleh siswa dan guru dalam pembelajaran
C.
sebagai alat atau cara untuk mencapai
tujuan pembelajaran
D.
sebagai acuan dalam perkembangan kemampuan
siswa
79.
Metode simulasi dapat membentuk pengalaman
belajar siswa dalam ….
A.
pemahaman proses kerja pembersih air
B.
pemahaman terhadap pembuktian hipotesis
C.
pemahaman dalam
menginterpretasi sesuatu kejadian
D.
pemahaman secara konkrit
80.
Dalam era ekonomi global dan pasar bebas,
sangat dituntut sumber daya manusia yang bersikap mental wirausaha yang salah
satu cirinya memiliki kemandirian yang tercermin pada perilaku ….
A.
berusaha sendiri dan menghindarkan
kerjasama dengan pihak lain
B.
mengisolasi diri dalam melakukan usaha
C.
berusaha sendiri dan
sekaligus bekerjasama dengan pihak lain
D.
menjauhkan diri dari bantuan pihak lain
dalam berusaha
81.
Akreditasi sekolah bertujuan untuk ….
A.
mempertanggungjawabkan sekolah pada publik
secara professional
B.
meningkatkan profesionalisme guru dalam PBM
C.
menentukan kelayakan suatu
sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan memperoleh
gambaran tentang kinerja sekolah
D.
menentukan tingkat standar kelayakan
minimal sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran siswa untuk mencapai
kompetensi yang diharapkan
82.
Rasa percaya diri siswa akan timbul apabila
….
A.
adanya dukungan
terhadap prestasinya
B.
guru mengajar dengan cara sangat tegas
C.
media pembelajaran yang digunakan menarik
D.
siswa mempelajari sesuatu dengan sangat
tekun
83.
Konsentrasi merupakan salah satu kondisi
yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan belajar, maksudnya ….
A.
terbaginya perhatian siswa dalam kegiatan
diskusi
B.
terpusatnya perhatian siswa
pada saat PBM berlangsung
C.
rasa senang siswa untuk mempelajari sesuatu
D.
adanya dorongan dari dalam diri siswa untuk
belajar
84.
Setiap mengajukan pertanyaan, Bu Lisna
selalu meminta siswa yang duduk di deretan tengah untuk menjawabnya, sehingga
siswa yang duduk di deretan depan dan belakang hampir tidak pernah mendapat
giliran untuk menjawab. Komponen keterampilan bertanya mana yang belum dikuasai
Bu Lisna sehingga kejadian tersebut selalu terjadi?
A.
memindahkan giliran C. pemberian tuntunan
B.
penyebaran D.
meningkatkan terjadinya interaksi
85.
Berikut ini adalah contoh-contoh penguatan
yang diberikan oleh guru, kecuali ….
A.
Guru mendekati Rina
sambil menanyakan masalah yang dihadapinya
B.
“Bagus benar gambarmu, Budi”, kata guru
sambil mendekat
C.
“Tak pernah kusangka tulisanmu sebagus
ini”, kata guru kepada Dina sambil tersenyum
D.
Sambil mengangkat tangannya guru berkata,
“Memang kelas ini hebat dalam mengatur ruangan”.
86.
Menurut Piaget kemampuan anak menggunakan simbol-simbol yang mewakili suatu
konsep, merupakan tahap-tahap perkembangan kognitif tahap ke dua yaitu ....
A.
masa sensorimotor C.
masa konkretoprasional
B.
masa praoprasional D.
masa oprasional
87.
Ranah kognitif dalam evaluasi terdiri dari c1, c2, c3, c4, c5 dan c 6, yang
termasuk ranah kognitif c3 adalah ....
A.
Evaluasi C.
Sintesis
B.
Analisis D.
Aplikasi
88.
Dalam menyusun evaluasi harus valid, artinya ....
A.
tepat sasaran C.
terukur
B.
tetap sasaran D.
Terbaca
89.
Menurut master learning, ketuntasan belajar siswa setelah mencapai ....
A.
60 % C.
80 %
B.
75 % D.
100 %
90.
Cara menentukan suatu KKM yaitu ….
A.
melalui analisis satu hal yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas)
B.
melalui analisis dua hal yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas) dan tingkat
kemampuan rata-rata siswa
C.
melalui analisis tiga hal yaitu tingkat kerumitan
(kompleksitas), tigkat kemampuan rata-rata siswa dan tingkat kemampuan daya dukung sekolah
D.
melalui analisis empat hal yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas), tigkat
kemampuan rata-rata siswa, tingkat kemampuan daya dukung, sumber daya alam
91.
Mr. Tatang cures
his patients in hospital. He is ….
A.
a
doctor C.
a banker
B.
B. a teacher D.
an artist
92.
There are many
sick people in the ….
A. mosque C.
market
B. hospital D.
school
93.
Mrs. Nia Laela
teaches her students every day. She is ….
A. a teacher C.
a doctor
B. a banker D.
a nurse
94.
There are many …
in school library.
A. foods C.
clothes
B. drinks D. books
95.
What … do you
get up every day?
A. day C. time
B. hour D.
morning
96.
A room with … I
so cool.
A. an air conditioning C.
beds
B. refrigerator D.
television
97.
I … my father
tomorrow.
A. help C.
am going to help
B. helping D.
helps
98.
Indonesian has …
seasons.
A. five C.
three
B. four D.
two
99.
In the wet
(rainy) season, people need umbrella and ….
A. blue jeans C.
coat
B. raincoat D.
T-Shirt
100.Dadi suffered from … his stomach is extremely pain.
A. stomachache C.
TBC
B. flu D.
Typhoid
Selamat Bekerja
gmn ne cara copy soal di atas
BalasHapus