soal-soal PLPG/ guru berprestasi




SOAL SELEKSI GURU BERPRESTASI
Hari                      : Selasa
Tanggal             : 6 April 2010
Waktu                : 120 Menit
 

I.          PETUNJUK UMUM
1.     Beri tanda silang (X) huruf A, B, C atau D pada alternatif jawaban yang benar!
2.    Jawaban diisi pada lembar jawaban.
                                                                                                                              
II.       SOAL
1.     Indikator pencapaian kompetensi adalah ....
A.   perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
B.   sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompe­tensi dalam suatu pelajaran
C.   menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
D.   memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompe­tensi.
2. Kegiatan inti dalam pembelajaran dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses  ....
A.   eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi          C. eksplorasi, elaborasi, dan fresentasi
B.   eksplorasi, elaborasi, dan komunikasi        D. eksplorasi, demokrasi, dan reformasi
3. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar . Merupakan prinsip-prinsip penyusunan RPP yaitu  ....
A.   Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
B.   Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C.   Mengembangkan budaya membaca dan menulis
D.   Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
4. Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
A.     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
B. membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
C.   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
D.   memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
5. Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis, dan oleh karena itu semangat dan isi kurikulum mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Merupakan frinsif ....
A.     Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
B. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,  teknologi, dan seni
C.  Relevan dengan kebutuhan kehidupan
D.  Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
6. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah ….
A. 34-38 minggu                                                               C. 34 – 45 minggu
B. 34 – 40 minggu                                                           D. 34 – 50 minggu

7.    Kurikulum adalah ….
A.   Program pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala,menyeluruh, transparan dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan
B.   Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
C.   Ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi bahan kajian, kompetansi mata pelajaran dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
D.   Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
8.   Pemerintah menetapkan delapan Standar Nasional Pendidikan yaitu standar ….
A.   Isi, perencanaan, kopetensi lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan,sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan
B.   Isi, proses, kopetensi lulusan,guru dan dosen, sarana dan prasarana, pengelolaan, pebiayaan, dan penilaian pendidikan
C.   Isi, proses, kopetensi lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pebiayaan, dan penilaian pendidikan
D.   Isi, proses, kopetensi lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan,sarana dan prasarana, KKM, pebiayaan, dan penilaian pendidikan
9.   Standar isi berisi tentang ….
A.   Berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kopetensi lulusan
B.   Kriteria pendidikan prajabatan dan kekayaan fisik maupun ental serta pendidikan dalam jabatan
C.   Ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi bahan kajian, kompetansi mata pelajaran dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
D.   Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanise, prosedur dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.
10.     Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan adalah ….
A.   Program pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala,menyeluruh, transparan dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan
B.   Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
C.   Kurikulum yang berisi bahan kajian, kompetansi mata pelajaran dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
D.   Kurikulum operasional yang disusun  dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan
11.      Permendiknas Nomor 22 tahun 2003 berisi tentang ….
A.   Standar Isi                                                                   C. Standar Proses
B.   Standar Kompetensi Lulusan                         D. Standar Penilaian Pendidikan
12.      Silabus adalah ….
A.   Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
B.   Rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi,kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian alokasi waktu dan sumber belajar
C.   Ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi bahan kajian, kompetansi mata pelajaran dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
D.   Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.

13.     Identitas, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pebelajaran, langkah langkah pebelajaran, alat/bahan/sumber dan penilaian. Merupakan komponen ….
A.   Program semester                                                 C. RPP
B.   Program remedial                                                  D. Silabus
14.     Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu adalah teknik penialaian ….
A.   penugasan  (proyek/project)                          C. unjuk kerja (performance)
B.   hasil kerja (product)                                            D. tertulis (paper&pen)
15.     Kerumitan & kesulitan indikator, komptensi dasar dan standar kompetensi di dalam kriteria penetapan KKM merupakan koponen ….
A.   Kompleksitas                                                            C. intake siswa
B.   daya dukung                                                              D. sarana dan pendidik
16.     Jika indikator memiliki kriteria: Kopleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang. Jika penafsiran dengan memberi point pada setiap kriteria maka KKM indikator tersebut nilainya adalah ….
A.   55,89                                                                               C. 88,89
B.   78,89                                                                              D. 99,89
17.     Undang-Undang RI No.14 Tahun 2005 tentang ….
A.   Sertifikasi                                                                     C. Guru dan Dosen
B.   Standar nasional Pendidikan                          D. Sisdiknas
18.     Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru menurut Permendiknas No 16 Tahun 2007 adalah ….
A.   Mendidik, melatih mengajar
B.   Pedagogik, propesional, kepribadian, sosial
C.   Mendidik, propesional, kepribadian, sosial
D.   Pedagogik, propesional, mengajar, sosial.
19.     Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, oral, sosial, kultural, emosional dan intelektual termasuk kompetensi guru dibidang ….
A.   Sosial                                                                              C. kepribadian
B.   Pedagogik                                                                   D. mendidik
20.    Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran termasuk kompetensi guru di bidang ….
A.   Sosial                                                                              C. kepribadian
B.   Propesional                                                                D. pedagogik
21.      Contoh kopetensi profesional seorang guru ….
A.   Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain                                                                     
B.   Menjunjung tinggi kode etik profesi guru
C.   Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan rasa percaya diri.
D.   Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.                                             
22.     Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar termasuk kompetensi guru di bidang ….
A.   Propesional                                                                C. sosial
B.   Pedagogik                                                                   D. kepribadian   
23.     Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia termasuk kompetensi guru di bidang ….
A.   Propesional                                                                C. sosial
B.   Pedagogik                                                                   D. kepribadian
24.    Nilai minimal batas lulus seorang guru dalam sertifikasi yang menggunakan portofolio adalah ….
A.   550                                                                                   C. 850
B.   750                                                                                   D. 950     

25.     Guru mengajar dengan menggunakan kegiatan kelompok, sehingga murid menjadi aktif, tetapi suasana kelas tampaknya gaduh dan tidak terkendali. Untuk pengembangan cara belajar yang lebih baik, saran manakah berikut ini yang anda anggap paling tepat ….
A.   Guru perlu memelihara dan menegakkan disiplin murid selama melaksanakan kegiatan kelompok                                                
B.   Guru perlu menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan kelompok kepada siswa sebelum kegiatan di mulai
C.   Guru perlu memberi kesempatan untuk menerapkan metode mengaktifkan siswa
D.   Cara seperti itu perlu didukung oleh sarana dan ruangan yang memadai untuk kegiatan kelompok.
26.    Selain syarat pandai mengajar, guru-guru yang ingin berhasil dalam pekerjaan perlu melengkapi dirinya dengan kewibawaan. Tanda-tanda manakah bahwa seorang guru yang berwibawa?
A.   Guru mengajar, murid bersikap tertib dan mengikuti pelajaran dengan baik.
B.   Terjalin hubungan yang dekat antara murid dengan guru baik di dalam maupun di luar kelas
C.   Murid melaksanakan dengan senang hati setiap perintah dan tugas yang diberikan guru
D.   Murid hormat, suka dan patuh baik ketika guru ada maupun tidak ada di sekitar siswa.       
27.     Pemerintah Indonesia telah berhasil menerapkan Keluarga Berencana, alasan apakah berikut ini yang paling tepat menunjukkan bahwa program tersebut menunjang pendidikan anak?
A.   Perhatian dan cinta kasih keluarga  akan lebih terjamin bagi anak                         
B.   Biaya hidup untuk anak tidak lagi terlalu memberatkan bagi setiap keluarga
C.   Perkebangan pribadi anak dapat lebih terbina oleh setiap keluarga
D.   Kesejahteraan anak akan lebih terjamin dan terhindar dari gangguan fisik dan mental
28.    Pelajaran yang baik perlu ditunjang oleh alat peraga yang memadai. Suasana apakah berikut ini yang ditimbulkan oleh penggunaan alat peraga yang efektif dalam pengajaran?
A.   Murid bergairah memperoleh pengetahuan bukan dari mendengarkan tetapi dalam pengalaman
B.   Terciptanya suasana tertib dan murid-murid mengikuti pelajaran dengan baik
C.   Guru dan murid terlihat secara harmonis dalam menggunakan alat peraga
D.   Murid-murid aktif karena melibatkan pikiran, perasaan, indera dan psikomotor
29.    Diantara contoh–contoh di bawah ini, cara membangkitkan motivasi siswa yang dipandang lebih baik ialah ....
A.   memberikan nasihat kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh
B.   mengaitkan tujuan pembelajaran dengan kebutuhan hidup siswa sehari-hari
C.   mempersaingkan siswa secara kelompok
D.   memberikan pujian kepada siswa yang berprestasi baik
30.    Toto memperoleh angka enam untuk suatu mata pelajaran. Orang tuanya keberatan karena nilai–nilai ulangan sebelumnya tujuh. Sebagai guru yang bersikap objektif, sikap manakah berikut ini yang paling tepat menurut anda ….
A.   Untuk menghilangkan keraguan, Toto diberi kesempatan menempuh ulangan kembali
B.   Secara terbuka menjelaskan bahwa Toto memang anak cerdas tetapi kali ini nilainya turun
C.   Dengan senang hati menjelaskan bahwa angka pelajaran tidak hanya bergantung kepada ulangan saja
D.   Memberi saran kepada orang tua Toto untuk meminta penjelasan hal itu kepada kepala sekolah
31.     Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi terdapat istilah Kompetensi Dasar artinya ....
A.   indikator pencapaian hasil belajar peserta didik
B.   binaan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik
C.   kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam suatu jenjang pendidikan
D.   ukuran kemampuan minimal yang harus dicapai peserta didik
32.     Keuntungan kelompok belajar berdasarkan persamaan kemampuan adalah ....
A.   memungkinkan siswa bekerjasama dengan tingkat kemampuan yang sama
B.   siswa yang lambat dapat mengikuti siswa yang cepat belajarnya
C.   memungkinkan siswa belajar lebih mudah
D.   siswa yang pandai dapat membantu siswa yang lambat belajarnya


33.    Sebelum pelajaran baru diajarkan, kegiatan pendahuluan yang dapat menumbuhkan perhatian siswa adalah ....
A.   memberikan tes awal mengenai pelajaran yang akan diajarkan
B.   mengisi daftar hadir siswa pada hari itu
C.   mengungkapkan pengalaman sehari-hari siswa kemudian dikaitkan dengan pelajaran baru
D.   mengulang dulu pelajaran yang sudah lalu yang ada kaitan dengan pelajaran yang akan diajarkan
34.    Penggunaan metode mengajar dalam pembelajaran memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut, kecuali ....
A.   sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran
B.   sebagai acuan dalam perkembangan kemampuan siswa
C.   sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan alat penilaian  pembelajaran
D.   gambaran aktivitas yang harus ditempuh oleh siswa dan guru dalam pembelajaran
35.    Kepada siswa diberikan suatu masalah yang memerlukan pemecahan dengan cara yang tepat. Siswa mampu menentukan cara pemecahan masalah tersebut dengan cepat dan tepat. Kemampuan tersebut termasuk hasil belajar berupa ....
A.   Strategi Kognitif                                                     C. Keterampilan Intelektual
B.   Informasi Verbal                                                      D. Keterampilan Motorik
36.    Setiap mengajukan pertanyaan Bu Mita selalu meminta siswa yang duduk di deretan tengah untuk menjawabnya, sehingga siswa yang duduk di deretan depan dan belakang hampir tidak pernah mendapat giliran untuk menjawab. Komponen keterampilan bertanya yang belum dikuasai bu Mita sehingga kejadian tersebut selalu terjadi adalah ....
A.   memindahkan giliran                                           C. meningkatkan terjadinya interaksi
B.   pemberian tuntutan                                             D. penyebaran
37.    Di bawah ini yang termasuk contoh sikap tanggap adalah ....
A.   pada awal pelajaran guru menjelaskan tentang cara kerja dalam kelompok,kemudian guru menanyakan apakah ada yang kurang jelas
B.   ketika guru sedang menulis di papan tulis ada siswa yang ribut, guru berhenti menulis dan memandang siswa yang ribut dengan seksama
C.   guru mengomentari pekerjaan Chandra yang luar biasa
D.   setelah menjelaskan guru memandang ke semua siswa
38.    Berikut ini adalah contoh-contoh penguatan yang diberikan oleh guru, kecuali ....
A.   guru mendekati  Yuli sambil menanyakan masalah yang dihadapinya
B.   sambil mengangkat tangannya guru berkata, “Memang kelas ini hebat dalam mengatur ruangan”
C.   “Bagus benar gambarmu Mawar!”, kata guru sambil mendekat
D.   “Tak pernah kusangka temanmu sebagus ini“, kata guru kepada Dwi sambil tersenyum
39.    Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 35 ayat 2 menyebutkan beban kerja guru melaksanakan proses pembelajaran dalam satu minggu sekurang-kurangnya  ....
A.   10 jam tatap muka                                                 C. 18 jam tatap muka
B.   12 jam tatap muka                                                 D. 24 jam tatap muka
40.   Guru sebagai tenaga profesional mengandung arti bahwa ....
A.   pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang berkeinginan untuk mencerdaskan anak didik tanpa harus adanya kualifikasi akademik
B.   pekerjaan guru tidak  hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik, tetapi dapat juga dilakukan oleh siapapun asal punya  itikad untuk mendidik dan mengajar
C.   pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu
D.   Pekerjaan guru tidak harus memiliki kualifikasi akademik






41.     Penilaian portofolio adalah ....
A.   bentuk instrumen yang dipakai untuk mengukur kompetensi siswa dalam ranah kognitif
B.   skala sikap yang digunakan untuk menilai ranah afektif
C.   kumpulan hasil karya, tugas/pekerjaan siswa yang disusun berdasarkan urutan kategori kegiatan
D.   bentuk penilaian untuk mengukur tingkat keberhasilan penyelengaraan pendidikan di sekolah
42.    Kegiatan akhir dan kegiatan tindak lanjut merupakan rangkaian kegiatan yang tidak dapat dipisahkan, karena kegiatan akhir ....
A.   dapat dijadikan sebagai dasar untuk kegiatan tindak lanjut pembelajaran
B.   menjelaskan tentang tahapan-tahapan belajar
C.   tidak berbeda dengan kegiatan tindak lanjut pembelajaran
D.   lebih menitik beratkan pada penutup pelajaran saja
43.    Tujuan pembelajaran yang termasuk penggunaan aturan adalah ....
A.   siswa dapat menunjukkan bunga melati dari sejumlah bunga yang disediakan
B.   siswa dapat menentukan luas sebuah segi tiga, setelah diketahui ukuran alas dan tingginya
C.   siswa dapat menyebutkan sifat-sifat air
D.   siswa dapat menyebutkan sifat-sifat tumbuhan dikotil
44.   Faktor pribadi siswa yang harus dipertimbangkan didalam proses pembelajaran antara lain adalah ....
A.   bakat siswa                                                                C. tinggi dan berat badan siswa
B.   kebiasaan siswa di rumahnya                        D. sosial ekonomi orang tua
45.    Untuk melaksanakan kegiatan inti pembelajaran guru harus memiliki kemampuan, diantaranya ....
A.   memberikan penjelasan dan ilustrasi       C. mengadakan kegiatan yang bervariasi
B.   menguasai bahan pelajaran                            D. mengelola kelas
46.   Diantara pernyataan di bawah ini yang menunjukkan hubungan antara pengelolaan kelas dan pembelajaran adalah ....
A.   Pembelajaran adalah prasyarat bagi terjadinya proses pengelolaan kelas yang efektif
B.   Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat untuk pembelajaran yang efektif
C.   Pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan kelas yang efektif
D.   Pengelolaan kelas yang efektif tercipta apabila pembelajaran berlangsung secara efektif
47.    Metode simulasi dapat membentuk pengalaman belajar siswa dalam ....
A.   pemahaman secara konkret
B.   pemahaman proses kerja pembersih air
C.   pemahaman terhadap pembuktian hipotesis
D.   pemahaman dalam menginterpretasi suatu kejadian
48.   Rasa percaya diri siswa akan timbul apabila ....
A.   guru mengajar dengan cara sangat tegas
B.   siswa mempelajari sesuatu dengan sangat tekun
C.   ada dukungan terhadap prestasinya
D.   media pembelajaran  yang digunakan menarik
49.   Konsentrasi merupakan salah satu kondisi yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan belajar.
Maksud dari pernyataan di atas adalah ....
A.   terbaginya perhatian siswa dalam kegiatan diskusi
B.   rasa senang siswa untuk mempelajari sesuatu
C.   adanya dorongan dari dalam diri siswa untuk belajar
D.   terpusatnya perhatian siswa pada saat PBM berlangsung
50.    Keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh apabila guru menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar adalah ....
A.   belajar akan lebih bermakna
B.   aktivitas guru akan lebih meningkat
C.   menumbuhkan antusiasme mengajar
D.   memperkaya wawasan guru tentang lingkungan



51.     Pengertian pendidikan menurut UUSPN No.20 / 2003 adalah ….
A.   Mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
B.    Usaha sadar mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
C.    Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
D.   Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
52.     Pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. menurut UUSPN No. 20/2003 merupakan pengertian dari ….
A.   Sistem pendidikan nasional                            C. Pendidikan nasional
B.   Tenaga kependidikan                                          D. Jenis pendidikan
53.    Menurut UUSPN No.20 / 2003, Pendidikan formal adalah ....
A.   jalur pendidikan keluarga dan lingkungan
B.    jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi
C.    wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan
D.   keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional
54.    Akreditasi menurut PP No.19 Thn 2005 adalah ….
A.   kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan
B.    kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
C.    standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.
D.   kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan
55.    Landasan hukum Undang-Undang guru dan dosen yaitu ....
A. UU RI No 14 Tahun 2005                                    C. UU RI No 19 Tahun 2004      
B. UU RI No 14 Tahun 2004                                    D. UU RI No 20 Tahun 2003
56.    Salah satu aspek kompetensi paedagogik adalah ….
A.   menjadi teladan peserta didik                      
B.   mengelola pembelajaran peserta didik  
C.   penguasaan materi pelajaran secara luas  
D.   berkomunikasi dan bertindak dengan peserta didik
57.    Menurut paal 35 ayat 2 UU guru dan dosen, beban kerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sekurang-kurangnya adalah ….
A.   6 jam tatap muka                                                   C. 24 jam tatap muka
B.   18 jam tatap muka                                                 D. 30 jam tatap muka
58.    Dasar hukum  Badan Standar Nasional Pendidikan adalah  Peraturan Pemerintah Nomor ….
A.   19 tahun 2003                                                           C. 22 tahun 2003
B.   20 tahun 2003                                                           D. 24 tahun 2003




59.    Standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan ....
A.   perencanaan, pelaksanaan, dan  pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.
B.    isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
C.    kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan
D.   secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik .
60.   Pengertian Kurikulum menurut PP No. 19 Thn 2003 adalah ....
A.   kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.
B.    proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
C.    seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
D.   rambu-rambu yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan silabusnya pada setiap satuan pendidikan.
61.     Evaluasi pendidikan menurut PP No. 19 Thn 2003 adalah ....
A.   isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
B.    kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.
C.    penilaian yang dilakukan guru di dalam kelas maupun diluar kelas yang memperhatikan semua aspek pembelajaran
D.   seperangkat kegiatan dari perencanaan proses pembelajaran yang memperhatikan kedalaman materi ajar
62.    Di bawah ini adalah Prinsip Pengembangan Kurikulum kecuali ....
A.   Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
B.    Tanggap terhadap perkembangan iptek dan seni
C.    Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
D.   Berbudaya, berkesinambungan dan berpihak kepada otonomi sekolah
63.    Kegiatan Pengembangan Diri pada kurikulum 2006 adalah ….
A.   Dialokasikan waktu ekuivalen  2 (dua) jam pelajaran.
B.    Terintegrasi pada mata pelajaran agama dan PPKn sebanyak dua  jam pelajaran
C.    Dilaksanakan pada kegiatan ekstrakurikuler sebanyak dua jam pelajaran
D.   Dilaksanakan pada kegiatan kokulikuler sebanyak dua  jam pelajaran
64.   Pembelajaran menjadi utuh sehingga siswa akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang   tidak terpecah-pecah hal tersebut merupakan ....
A.   Manfaat Pembelajaran Tematik                    C. Landasan Pembelajaran Tematik
B.   Arti penting pembelajaran tematik            D. Pengertian Pembelajaran Tematik
65.    Ibu Eti mengajar dengan menggunakan kegiatan kelompok,sehingga murid menjadi aktif, tetapi suasana kelas tampaknya gaduh dan tidak terkendali. Untuk pengembangan cara belajar yang lebih baik, saran manakah berikut ini yang Anda anggap paling tepat ….
A.   Ibu Eti perlu memelihara dan menegakkan disiplin murid selama melaksanakan kegiatan kelompok
B.    Ibu Eti perlu menjelaskan cara pelaksanaan kegiatankelompok kepada siswa sebelum kegiatan dimulai
C.    Ibu Eti perlu memberi kesempatan untuk menerapkan metode yang mengaktifkan siswa
D.   Cara seperti itu perlu didukung oleh saran dan ruang yang memadai untuk kegiatan kelompok
66.   Pemerintah Indonesia telah berhasil menerapkan “Keluarga Berencana” di bawah ini alasan yang paling tepat menunjukkan bahwa program tersebut menunjang pendidikan anak adalah ….
A.   Perkembangan pribadi anak dapat lebih terbina oleh setiap keluarga
B.    Kesejahteraan anak lebih terjamin dan terhadir dari ganguan fisik dan mental
C.    Perhatian dan cinta kasih dari keluarga akan lebih terjamin bagi anak
D.   Biaya hidup anak tidak lagi tersedia memberatkan bagi setiap keluarga
67.    Tingkah laku Dudi mengganggu dan menghambat kelancaran kegiatan kelas. Anggota kelas telah sampai pada keputusan untuk tidak memberikan kesempatan kepada Dudi untuk kesekian kalinya mengganggu kelas lagi, meminta Dudi diam dan duduk dengan baik. Andai kata guru Dudi meminta anda mengatasi masalah itu, tindakan yang paling baik anda lakukan adalah ….
A.   menasehati dan menyadarkan Dudi agar tidak terus menganggu karena merugikan dirinya dan kelas
B.    memberi perhatian khusus kepada Dudi agar dia tidak mencari perhatian dengan mengganggu teman lain
C.    menguasai Dudi sebagai ketua kelas dengan tugas memimpin memelihara ketertiban kelas
D.   memberi pujian bila dalam suatu hari Dudi tidak bertingkah laku mengganggu kelas
68.   Guru membagikan hasil ulangan murid yang sudah diberi tanda pada bagian-bagian yang salah murid dimana menuliskan alasan mengapa bagian-bagian tertentu itu salah. Mereka diperbolehkan berdiskusi dan membaca buku sehingga kelas menjadi gaduh. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar murid, tujuan yang anda anggap paling tepat mendasari tindakan guru tersebut adalah ….
A.   memberi kesempatan kepada murid untuk belajar dari kesalahan mereka sendiri
B.    memberi kesempatan kepada murid untuk berfikir ulang atas kesalahan yang diperbuat
C.    memberi kesempatan kepada murid untuk mengetahui jawaban yang benar dan yang salah
D.   memberi kesempatan kepada murid untuk memanfaatkan sebaya sebagai sumber belajar
69.   Kelas Pak Latif biasanya, merupakan kelas yang baik dan bersemangat tinggi dalam belajar. Namun, ketika Ibu Dani datang di kelas itu sebagai guru pengganti, siswa menjadi ribut. Agar kegiatan mengajar berlangsung dengan baik, tindakan Ibu Dani di bawah ini yang menurut anda paling baik adalah….
A.   Bersikap tegas agar mereka terbiasa dalam disiplin belajar sehari-hari
B.    Menanyakan kepada siswa apa yang menyebabkan kelas menjadi ribut
C.    Mengemukakan perasaannya secara terbuka agar timbul pengertian dari siswa
D.   Menyelingi pelajaran, Ibu Dani menggunakan kiat yang dapat menarik perhatian siswa
70.    Eddy dikenal sebagai murid yang pandai, tetapi sering ia mengganggu kawan kelasnya. Untuk kepentingan perkembangan  pribadi Eddy, tindakan berikut ini yang sebaiknya dilakukan oleh gurunya adalah ....
A.   melakukan tindakan disiplin yang bijaksana kepada Eddy untuk merubah perilakunya
B.    memberi Eddy tugas sebagai ketua kelas untuk memimpin teman-temannya dalam kegiatan sekolah
C.    memberi Eddy tugas sebagai ketua kelopok belajar untuk mengantur teman-temannya belajar
D.   melakukan pendekatan khusus kepada Eddy untuk memahami perilaku yang aneh itu
71.     Murid-murid melakukan kebebasan, namun harus dijaga jangan sampai mereka bertindak semaunya. Jika anda sebagai guru diberi tugas untuk menyusun peraturan tata tertib murid dengan memperhatikan berbagai aspek pendidikan, cara berikut ini yang anda anggap paling baik adalah ....
A.   mempertimbangkan masukan dari pihak-pihak yang bersangkutan dengan murid, dia menyusun peraturan.
B.    Berdasarkan pola tingkah laku murid pada umumnya, bersama guru lain dia menyusun peraturan itu
C.    Berdasarkan kasus-kasus perilaku murid yang terjadi di lingkungan sekolah, ia menyusun peraturan itu
D.   Berdasarkan pola tingkah laku murid pada umumnya, bersama guru lain dia menyusun peraturan itu
72.     Peningkatan pengembangan sikap saling menghargai dapat ditempuh melalui terciptanya hubungan antara manusia. Hubungan berikut ini yang paling banyak memuat unsur-unsur pengembangan pribadi adalah ....
A.   Pak Ketut mengusulkan perbaikan aliran air kampung kepada kepala rukun kampung
B.    Arbi bersama dengan teman kelompoknya belajar mengerjakan tugas sekolah yang segera harus diselesaikan
C.    Rudi memimpin diskusi kelompok membahas topik yang hangat di masyarakat
D.   Pak Dedi menasehati anaknya yang sering terlambat bangun pagi hari sehingga terlambat sekolah
73.    Sebagai guru kelas, Ibu Santi menguasai semua mata pelajaran yang diajarkan. Prestasi belajar murid-muridnya pada umumnya baik, tetapi banyak diantara mereka yang nakal. Dilihat dari tugas guru dalam mengembangkan pribadi murid-murid secara utuh, pendapat tentang Ibu Santi di bawah ini yang paling tepat adalah ....
A.   ia mengajar dengan baik, tetapi masih perlu meningkatkan penegakkan disiplin murid-muridnya
B.    ia mengajar dengan baik, tetapi masih perlu melakukan pendekatan pribadi murid-muridnya
C.    ia mengajar dengan baik, tetapi perlu mengurangi pemberian kebebasan kepada murid-muridnya
D.   ia mengajar dengan baik, tetapi masih perlu meningkatkan pendidikan watak bagi murid-muridnya.
74.    Pulang mengajar Ibu Erni kedatangan orang tua salah seorang muridnya. Dengan menyadari peranannya sebagai guru, meskipun badan letih dan perut lapar, Ibu Erni tetap mendengarkan dengan seksama dengan keluhan tamu tersebut tentang anaknya. Menurut pendapat anda sikap Ibu Erni itu pertama-tama karena dia ....
A.   Mewujudkan kewajiban guru untuk berkorban bagi anak didiknya
B.    Menjunjung tinggi citra guru di masyarakat sebagai pendidik
C.    Melaksankan konsekuensi pekerjaan guru yang selalu siap menolong muridnya
D.   Menghargai orang lain sebagai tamu yang mempunyai permasalahan
75.    Doni memperoleh angka enam untuk suatu mata pelajaran, orang tuanya keberatan karena nilai-nilai ulangan sebelumnya tujuh. Sebagai guru yang bersikap objektif, sikap berikut ini yang paling tepat menurut anda adalah ....
A.   dengan senang hati, menjelaskan bahwa angka pelajaran tidak hanya bergantung kepada ulangan saja
B.    menyarankan kepada orang tua Doni untuk meminta penjelasan hal itu kepada sepala sekolah
C.    secara terbuka, menjelaskan bahwa Doni memang anak cerdas tetapi kali ini nilainya turun
D.   untuk menghilangkan keraguan, Doni diberi kesempatan menempuh ulangan kembali
76.    Pelajaran yang baik perlu ditunjang oleh alat peraga yang memadai suasana  berikut ini yang ditimbulkan oleh penggunaan alat peraga yang efektif dalam pengejaran adalah ....
A.   murid bergairah memperoleh pengetahuan bukan dari mendengarkan tetapi dari pengalaman
B.    terciptanya suasana tertib dan murid-murid mengikuti pelajaran dengan baik
C.    guru dan murid terlihat secara harmonis dalam menggunakan alat peraga
D.   murid aktif karena melibatkan pikiran, perasaan, indera dan psikomatrik
77.    Cara membangkitkan motivasi belajar siswa dipandang lebih baik dari contoh-contoh di bawah ini ialah ….
A.   memberikan pujian kepada siswa yang berprestasi baik
B.   mempersaingkan siswa secara berkelompok
C.   mengaitkan tujuan pembelajaran dengan kebutuhan hidup siswa sehari-hari
D.   memberikan nasihat kepada siswa supaya belajar sungguh-sungguh   
78.    Penggunaan metode mengajar dalam pembelajaran, memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut, kecuali ….
A.   sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan alat penilaian pembelajaran
B.   gambaran aktivitas yang harus ditempuh oleh siswa dan guru dalam pembelajaran
C.   sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran
D.   sebagai acuan dalam perkembangan kemampuan siswa

79.    Metode simulasi dapat membentuk pengalaman belajar siswa dalam ….
A.   pemahaman proses kerja pembersih air
B.   pemahaman terhadap pembuktian hipotesis
C.   pemahaman dalam menginterpretasi sesuatu kejadian
D.   pemahaman secara konkrit
80.   Dalam era ekonomi global dan pasar bebas, sangat dituntut sumber daya manusia yang bersikap mental wirausaha yang salah satu cirinya memiliki kemandirian yang tercermin pada perilaku ….
A.   berusaha sendiri dan menghindarkan kerjasama dengan pihak lain
B.   mengisolasi diri dalam melakukan usaha
C.   berusaha sendiri dan sekaligus bekerjasama dengan pihak lain
D.   menjauhkan diri dari bantuan pihak lain dalam berusaha
81.     Akreditasi sekolah bertujuan untuk ….
A.   mempertanggungjawabkan sekolah pada publik secara professional
B.   meningkatkan profesionalisme guru dalam PBM
C.   menentukan kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah
D.   menentukan tingkat standar kelayakan minimal sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan
82.    Rasa percaya diri siswa akan timbul apabila ….
A.   adanya dukungan terhadap prestasinya
B.   guru mengajar dengan cara sangat tegas
C.   media pembelajaran yang digunakan menarik
D.   siswa mempelajari sesuatu dengan sangat tekun
83.    Konsentrasi merupakan salah satu kondisi yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan belajar, maksudnya ….
A.   terbaginya perhatian siswa dalam kegiatan diskusi
B.   terpusatnya perhatian siswa pada saat PBM berlangsung
C.   rasa senang siswa untuk mempelajari sesuatu
D.   adanya dorongan dari dalam diri siswa untuk belajar
84.   Setiap mengajukan pertanyaan, Bu Lisna selalu meminta siswa yang duduk di deretan tengah untuk menjawabnya, sehingga siswa yang duduk di deretan depan dan belakang hampir tidak pernah mendapat giliran untuk menjawab. Komponen keterampilan bertanya mana yang belum dikuasai Bu Lisna sehingga kejadian tersebut selalu terjadi?
A.   memindahkan giliran                                           C. pemberian tuntunan
B.   penyebaran                                                                D. meningkatkan terjadinya interaksi
85.    Berikut ini adalah contoh-contoh penguatan yang diberikan oleh guru, kecuali ….
A.   Guru mendekati Rina sambil menanyakan masalah yang dihadapinya
B.   “Bagus benar gambarmu, Budi”, kata guru sambil mendekat
C.   “Tak pernah kusangka tulisanmu sebagus ini”, kata guru kepada Dina sambil tersenyum
D.   Sambil mengangkat tangannya guru berkata, “Memang kelas ini hebat dalam mengatur ruangan”.
86.   Menurut Piaget kemampuan anak menggunakan simbol-simbol yang mewakili suatu konsep, merupakan tahap-tahap perkembangan kognitif tahap ke dua yaitu ....
A.   masa sensorimotor                                               C. masa konkretoprasional
B.   masa praoprasional                                              D. masa oprasional
87.    Ranah kognitif dalam evaluasi terdiri dari c1, c2, c3, c4, c5 dan c 6, yang termasuk ranah kognitif c3 adalah ....
A.   Evaluasi                                                                         C. Sintesis
B.   Analisis                                                                          D. Aplikasi
88.   Dalam menyusun evaluasi harus valid, artinya ....
A.   tepat sasaran                                                            C. terukur
B.    tetap sasaran                                                            D. Terbaca
89.   Menurut master learning, ketuntasan belajar siswa setelah mencapai ....
A.   60 %                                                                                 C. 80 %
B.   75 %                                                                                  D. 100 %


90.    Cara menentukan suatu KKM yaitu ….
A.   melalui analisis satu hal yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas)
B.   melalui analisis dua hal yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas) dan tingkat kemampuan rata-rata siswa
C.   melalui analisis tiga hal yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas), tigkat kemampuan rata-rata siswa dan tingkat kemampuan daya dukung sekolah
D.   melalui analisis empat hal yaitu tingkat kerumitan (kompleksitas), tigkat kemampuan rata-rata siswa, tingkat kemampuan daya dukung, sumber daya alam
91.     Mr. Tatang cures his patients in hospital. He is ….
A.   a doctor                                                                        C. a banker
B.   B. a teacher                                                                D. an artist
92.    There are many sick people in the ….
A. mosque                                                                         C. market
B. hospital                                                                         D. school
93.    Mrs. Nia Laela teaches her students every day. She is ….
A. a teacher                                                                      C. a doctor
B. a banker                                                                        D. a nurse
94.   There are many … in school library.
A. foods                                                                               C. clothes
B. drinks                                                                              D. books
95.    What … do you get up every day?
A. day                                                                                    C. time
B. hour                                                                                 D. morning
96.   A room with … I so cool.
A.  an air conditioning                                                C. beds
B. refrigerator                                                                 D. television
97.    I … my father tomorrow.
A.  help                                                                                 C. am going to help
B. helping                                                                          D. helps
98.   Indonesian has … seasons.
A.  five                                                                                   C. three
B. four                                                                                  D. two
99.   In the wet (rainy) season, people need umbrella and ….
A.  blue jeans                                                                    C. coat
B. raincoat                                                                         D. T-Shirt
100.Dadi suffered from … his stomach is extremely pain.
A.  stomachache                                                             C. TBC
B. flu                                                                                      D. Typhoid











Selamat Bekerja

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS JABATAN KEPALA SEKOLAH DASAR (SD)

CONTOH PROPOSAL PTK

contoh soal ulangan MULOK [Agribisnis]