PTK SD/MI

Penelitian Tindakan Kelas adalah Pekerjaan Guru untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar dengan menggunakan media/alat peraga atau metode pembelajaran. Tanpa PTK maka guru bisa dikatakan belum profesional. Ayo lakukan dan lakukan PTK di Kelasmu!!!!

Senin, 02 Januari 2012

CONTOH PIDATO Dalam LOMBA PMBKS SD


OLEH : LINDU AJI

Contoh Teks Pidato Kebersihan Lingkungan
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahiladzi hadzana lihadza wama kunna linahtadiya laula anhadzanallah.
Allohumma sholli 'ala sayyidina muhammadin 'abdika wannabiyyika warosulikannabiyil ummiyyi wa 'ala alihi washohbihi wassallam.

Dewan Juri, Bapk ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai

Terlebih dahulu marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas limpahan ramat dan hidayah-Nya kepada kita,sehingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat. Sholawat serta salam semoga selalu tercurah atas Nabi Muhammad SAW , keluarganya, para shahabatnya, dan kepada kita semua serta sluruh umatNya hingga akhir zaman. Amin

Dewan Juri, Bapk ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai.

Kita ketahui bahwa lingkungan sekolah merupakan tempat kita untuk belajar. Coba bayangkan bagaimana kalau sekolah kotor dengan sampah, enak tidak?? Ti..dak!! bagaimana kalau kelas kotor, lantainya penuh dengan tanah..enak tidak?? Pasti tidak enak! .Tidak nyaman. Betul tidak? Nah oleh sebab itu kita harus menjaga kebersihan  lingkungan sekolah kita, agar dalam belajar kita merasa enak, nyaman, dan betah serta semangat.   
Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.

Dewan Juri, Bapk ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai.

Nah , apakah teman-teman sudah melaksanakan piket dengan sadar? Atau harus disuruh suruh oleh guru, baru mau? Kalau masih disuruh-suruh berarti kita belum melaksanakannya secara ikhlas dan sadar. Bahkan mungkin diantara rekan-rekan semua ada diantaranya yang tidak pernah piket. Nah kalau ada rekan yang tidak pernah piket seharusnya ada hukuman bagi anak-anak yang bandel ini. Tapi aku yakin teman-teman yang ada  disini  suka piket semua. Suka piket semua??.. bagus..! itu tandanya anak yang taat kepada peraturan sekolah.
Selain itu,  ruangan kelas yang bersih lebih enak di pandang mata, sedangkan ruang kelas yang kotor dapat merusak konsentrasi kita, pada waktu sedang belajar. Guru pun akan merasa betah dan nyaman dalam mengajar, sehingga proses belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan lancer tanpa terganggu dengan keadaan yang kotor apalagi bau akibat sampah.
Dewan Juri, Bapk ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai.
Saya yakin bahwa sekolah yang bersih dan sehat menandakan sekolah itu lebih maju dan bermutu tinggi dibandingkan dengan sekolah yang kurang menjaga kebersihannya, karena lingkungan sekolah pun bisa mempengaruhi  baik buruknya   mutu pembelajaran atau pedidikan.
  Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan. Terutama kebersihan di lingkungan pendidikan kita.
Sekian pidato dari saya, terima kasih atas segala perhatiannya, mohon maaf atas segala kekurangan, akhir kata saya sampaikan pantun :
Pohon duku di halaman
Berjumlah dua berjauhan
Kalau ngaku orang beriman
Selalu jaga kebersihan

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar