REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT
REFLEKSI
DAN TINDAK LANJUT
Pengertian
Refleksi
merupakan kegiatan telaah terhadap tujuan PTK, hasil analisis dan interpretasi
data
yang diperoleh dari pelaksanaan rencana
tindakan, untuk menetapkan atau mengevaluasi
ketercapaian tujuan perbaikan pembelajaran.
Hasil
refleksi dituangkan ke dalam narasi ilmiah, yang akan menjadi bagian dari sisi
laporan PTK.
Tindak lanjut
merupakan kegiatan selanjutnya yang harusdilakukan guru peserta setelah
memperoleh simpulan dari interpretasi data dan refleksi.
Apabila hasil refleksi menunjukkan bahwa tujuan perbaikan pembelajaran
belum berhasil seperti yang diharapkan,
kegiatan perbaikan tindakan dilanjutkan
pada siklus berikutnya. Untuk menentukan
tindak lanjut yang tepat, guru peserta perlu mencari faktor-faktor yang diduga kuat sebagai penyebab
kekurang-berhasilan perbaikan pembelajaran. Penyebab inilah yang harus digunakan sebagai dasar
untuk merumuskan rencana tindakan pada
siklus berikutnya. Apabila hasil interpretasi dan refleksi diperoleh
simpulan bahwa tindakan yang dilakukan
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, guru peserta dapat melanjutkan ke siklus berikutnya untuk lebih mengoptimalkan hasil
perbaikan, atau mengakhiri PTK dan
menyusun laporan. Rencana tindak lanjut untuk siklus berikutnya dituangkan
dalam skenario pembelajaran dalam bentuk RPP dengan berbagai perangkatnya.
LANGKAH MELAKUKAN REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT
Langkah-langkah
melakukan refleksi
1. Cermati tujuan dalam PTK dalam upaya memperbaiki
pembelajaran yang diinginkan.
2. Cari penyebab keberhasilan atau kekurang-berhasilan
dari analisis dan interpretasi.
3. Cermati uraian pada deskripsi temuan
4. Buat ringkasan naratif dari hasil refleksi tersebut.
1. Cermati tujuan dalam PTK dalam upaya memperbaiki
pembelajaran yang diinginkan.
2. Cari penyebab keberhasilan atau kekurang-berhasilan
dari analisis dan interpretasi.
3. Cermati uraian pada deskripsi temuan
4. Buat ringkasan naratif dari hasil refleksi tersebut.
Langkah-langkah menentukan tindak lanjut untuk siklus berikutnya
Berdasarkan hasil refleksi rumuskan tindak lanjut yang harus dilakukan untuk memperbaiki atau
Berdasarkan hasil refleksi rumuskan tindak lanjut yang harus dilakukan untuk memperbaiki atau
meningkat kualitas pembelajaran.
Langkah tindak lanjut meliputi :
1. memilih atau menetapkan topik pembelajaran berikutnya,
2. menetapkan strategi pembelajaran yang sesuai,
3. menyusun skenario pembelajaran (RPP),
4. menyusun perangkat pembelajaran yang diperlukan,
5. menyusun atau memperbaiki instrumen untuk pengambilan data,
6. menetapkan jadwal pelaksanaan tindakan,
7. jika diperlukan dapat dilakukan simulasi atau ujicoba skenario dan perangkat.
Langkah tindak lanjut meliputi :
1. memilih atau menetapkan topik pembelajaran berikutnya,
2. menetapkan strategi pembelajaran yang sesuai,
3. menyusun skenario pembelajaran (RPP),
4. menyusun perangkat pembelajaran yang diperlukan,
5. menyusun atau memperbaiki instrumen untuk pengambilan data,
6. menetapkan jadwal pelaksanaan tindakan,
7. jika diperlukan dapat dilakukan simulasi atau ujicoba skenario dan perangkat.
Tujuan
Perbaikan
|
Deskripsi
Temuan
|
Refleksi
|
Tindak
Lanjut
|
Meningkatkan keaktifan siswa melalui
kerja kelompok.
|
Kerja kelompok berlangsung lancar,
namun hanya tiga dari lima kelompok yang anggotanya aktif bertanya dan
berpendapat. Untuk dua kelompok yang lain, hanya ketua kelompok dan
sekretaris yang aktif bekerja, sedangkan anggota yang lain asyik ngobrol. Ini
mungkin terjadi karena guru belum menerapkan strategi untuk mengaktifkan
semua anggota kelompok.
|
Kerja kelompok belum mampu mengaktifkan siswa, hanya sekitar 60% siswa
yang aktif. Penyebabnya adalah guru peserta belum menerapkan strategi untuk
mengaktifkan semua siswa.
|
Pada siklus ke dua guru peserta
memutuskan untuk meningkatkan efektifikas kerja kelompok melalui penerapan
strategi kerja kelompok ”kolaboratif”. Dalam teknik kolaboratif siswa yang
tidak mampu dipacu oleh guru agar mau bertanya kepada temannya, sedangkan
siswa yang mampu diminta untuk dapat membantu atau menjelaskan pada temannya
yang belum paham.
|
Komentar
Posting Komentar