Contoh Hasil Refleksi dan Analisis Data
Tabel 5.3 Contoh Hasil Refleksi dan Analisis Data
Tujuan
Perbaikan
|
Refleksi diri guru
|
Komentar Pengamat 1
|
Komentar Pengamat 2
|
Pola atau esensi yang diperoleh
|
1.
Kegiatan awal yang dilakukan guru peserta dapat memotivasi siswa.
|
Setelah
saya membaca naskah Case Study saya
tentang pembelajaran asam, basa, dan garam berulang-ulang , saya
merasa masih belum optimal terutama pada saat penggalian pengetahuan awal
siswa, yaitu mengenai sifat bahan. Saya merasa agak memaksakan siswa
untuk mengerti dan siap untuk belajar konsep
asam, basa, dan garam sehingga siswa kurang termotivasi.
|
Pada
saat guru peserta mengajukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan:
“ Coba sebutkan bahan apa
saja yang ada di rumah yang berwujud cair dan larutan?”
Ada 3 siswa dalam kelompok yang saya amati, tidak paham dengan istilah
bahan, dia hanya diam saja.
Sebaiknya, guru peserta mengingatkan
arti bahan dan zat pada kegiatan
apersepsi
|
Pada
saat guru peserta mengajukan pertanyaan untuk mengali pengetahuan prasyarat
siswa, hanya 3 orang yang memberi respon, yang lain diam saja.
Mungkin pertanyaan
apersepsi harus diubah:
Coba sebutkan zat-zat cair
yang ada di rumahmu!
Kalau garam dimasukkan ke
dalam air disebut apa? Sifatnya bagaimana?
Tampaknya siswa tidak paham dengan istilah bahan.
|
Kegiatan
awal kurang dapat memotivasi siswa.
Istilah bahan pada
pertanyaan apersepsi, masih membingungkan siswa.
|
2.
Kegiatan awal dapat meningkatkan
respons siswa.
|
|
Respon
siswa untuk menjawab pertanyaan apersepsi dan motivasi tidak terlalu banyak
(10 orang dari 40 siswa) sebab guru tidak memberikan pertanyaan untuk
semua anak.
|
Jawaban
siswa:
3 orang siswa dalam kelompok yang saya
amati menjawab:
Zat cair dapat mengalir,
menempati wadah, ada yang berwarna dan ada juga tidak berwarna
Jawaban siswa hanya pada
sifat fisis dari zat cair.
Guru tidak mengejar jawaban siswa untuk menyebutkan sifat
lainnya
|
Kegiatan
awal kurang mampu meningkatkan respon siswa. Guru kurang dapat menggunakan
teknik bertanya yang baik.
Guru belum menggunakan
pertanyaan penggali.
|
Komentar
Posting Komentar