PTK SD/MI

Penelitian Tindakan Kelas adalah Pekerjaan Guru untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar dengan menggunakan media/alat peraga atau metode pembelajaran. Tanpa PTK maka guru bisa dikatakan belum profesional. Ayo lakukan dan lakukan PTK di Kelasmu!!!!

Jumat, 25 April 2014

Contoh Hasil Refleksi dan Analisis Data



Tabel 5.3 Contoh Hasil Refleksi dan Analisis Data

Tujuan Perbaikan
Refleksi diri guru
Komentar Pengamat 1
Komentar Pengamat 2
Pola atau esensi yang diperoleh
1. Kegiatan awal yang dilakukan guru peserta dapat memotivasi siswa.

Setelah saya membaca naskah Case Study saya tentang pembelajaran asam, basa, dan garam berulang-ulang , saya merasa masih belum optimal terutama pada saat penggalian pengetahuan awal siswa, yaitu mengenai sifat bahan. Saya merasa agak memaksakan siswa untuk mengerti dan siap untuk belajar konsep
asam, basa, dan garam sehingga siswa kurang termotivasi.
Pada saat guru peserta mengajukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan:
“ Coba sebutkan bahan apa saja yang ada di rumah yang berwujud cair dan larutan?”
Ada 3 siswa dalam kelompok yang saya amati, tidak paham dengan istilah bahan, dia hanya diam saja.
Sebaiknya, guru peserta mengingatkan arti bahan dan zat  pada kegiatan apersepsi
Pada saat guru peserta mengajukan pertanyaan untuk mengali pengetahuan prasyarat siswa, hanya 3 orang yang memberi respon, yang lain diam saja.
Mungkin pertanyaan apersepsi harus diubah:
Coba sebutkan zat-zat cair yang ada di rumahmu!
Kalau garam dimasukkan ke dalam air disebut apa? Sifatnya bagaimana?
Tampaknya siswa tidak paham dengan istilah bahan.
Kegiatan awal kurang dapat memotivasi siswa.
Istilah bahan pada pertanyaan apersepsi, masih membingungkan siswa.
2. Kegiatan awal dapat meningkatkan  respons siswa.

Respon siswa untuk menjawab pertanyaan apersepsi dan motivasi tidak terlalu banyak
(10 orang dari 40 siswa) sebab guru tidak memberikan pertanyaan untuk semua anak.
Jawaban siswa:
3 orang siswa dalam kelompok yang saya amati menjawab:
Zat cair dapat mengalir, menempati wadah, ada yang berwarna dan ada juga tidak berwarna

Jawaban siswa hanya pada sifat fisis dari zat cair.

Guru tidak mengejar jawaban siswa untuk menyebutkan sifat lainnya
Kegiatan awal kurang mampu meningkatkan respon siswa. Guru kurang dapat menggunakan teknik bertanya yang baik.
Guru belum menggunakan pertanyaan penggali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar