Contoh RPP IPA kelas IV
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Oleh:
C a s m a d
KELAS IV
SEMERTER I
Tahun Ajaran : 2011-2012
SD NEGERI KARANGASEM I
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN
LEUWIMUNDING
KABUPATEN MAJALENGKA
1. RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN :
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU : 2 X
PERTEMUAN ( 4 X 35 MENIT)
HARI
TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia
dengan fungsi serta pemeliharaannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya
III.
INDIKATOR
Menjelaskan 3 bagian utama rangka tubuh
manusia
Menjelaskan fungsi rangka
Menjelaskan beberapa kelainan/ penyakit
rangaka
Menjelaskan cara penanggulangan penyakit
rangka
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan 3 bagian utama
rangka tubuh manusia
Siswa dapat menyebutkan
tulang-tulang pada rangka kepala
Siswa dapat
menyebutkan tulang-tulang pada rangka
badan dan anggota gerak
Siswa dapat menjelaskan
beberapa sendi dan letaknya
Siswa dapat menjelaskan
fungsi rangka
V.
MATERI POKOK
Rangka Manusia
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Demonstrasi
-
Penugasan
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
pertemuan I
A.
Kegiatan awal (
10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
Bertanya jawab bagian
utama rangka tubuh manusia
-
Tanya-jawab dan
peragaan tulang-tulang pada rangka kepala
-
Tanya-jawab dan peragaan
tentang tulang-tulang pada rangka badan dan anggota gerak
C.
Kegiatan akhir (
10 menit)
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
pertemuan II
A.
Kegiatan awal (
10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
menjelaskan
dengan demonstrasi mengenai macam-macam sendi dan letaknya
-
menjelaskan dan
tanya jawab tentang fungsi rangka
C.
Kegiatan akhir (
10 menit)
-
Siswa menyimpulkan
pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat : gambar kerangka, torso
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 1- 7
IX.
EVALUASI
1.
Jenis dan Bentuk
Tes
a.
Tes tertulis
bentuk essay
Jawablah !
1.
Sebutkan 3 bagian
utama rangka tubuh manusia!
2.
Sebutkan 3 tulang-tulang
pada rangka kepala!
3.
Sebutkan 3
tulang-tulang pada rangka badan !
4.
Sebutkan 3 nama sendi
dan letaknya!
5.
Jelaskan 3 fungsi
rangka!
b.
Kunci jawaban
1.
Rangka kepala,
rangka badan ,rangka anggota gerak
2.
Tulang hidung,
tulang pipi, tulang rahang.
3.
Tulang leher,
tulang punggung, tulang pinggang
4.
Sendi engsel pada
siku, sendi peluru pada bahu, sendi pelana pada telapak tangan
5.
– menegakkan
tubuh
_ tempat melekatnya otot
_ melindungi organ tubuh yang penting dan
halus
X.
KRITERIA
PENILAIAN
1.
Banyak soal 5
2.
Jawaban yang
benar diberi skor1 jawaban salah skor 0
3.
Nilai Akhir =
skor skor/5 x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
2.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN :
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU : 1 X
PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI
TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia
dengan fungsi serta pemeliharaannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Menerapkan cara
memelihara kesehatan kerangka tubuh.
III.
INDIKATOR
Menjelaskan beberapa gangguan atau
kelainan pada rangaka akibat kebiasaan salah
Menyebutkan beberapa penyakit tulang
Menjelaskan cara memelihara kesehatan tulang
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan 3 kelainan pada
rangaka akibat kebiasaan salah
Siswa dapat menyebutkan beberapa
penyakit tulang
Siswa dapat menjelaskan
cara memelihara kesehatan tualang
V.
MATERI POKOK
Memelihara kesehatan
tulang
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Demonstrasi
-
Penugasan
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan awal (
10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B.
Kegiatan Inti (
50 menit)
Tanaya jawab serta menjelaskan kelainan pada rangaka akibat
kebiasaan salah
Menjelaskan beberapa
penyakit tulang
Menjelaskan cara
memelihara kesehatan tualang
C.
Kegiatan akhir (
10 menit)
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat : gambar kerangka, torso
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 7 – 11
IX.
EVALUASI
1.
Jenis dan Bentuk
Tes
a.
Tes tertulis
bentuk essay
Jawablah !
1.
Jelaskan 3 macam kelainan tulang akibat kebiasaan salah
!
2.
Sebutkan 3 macam
penyakit tulang !
3.
Bagaimana caranya
memelihara kesehatan tulang?
b.
Kunci jawaban
1.
- Skoliosis,
tulang belakang bengkok ke kiri/kanan
- Kifosis tulang belakang bengkok ke belakang
- lordosis tulang
bengkok ke depan
2. polio,
rakhitis, osteoporosis, rematik
3. makan makanan yang bergizi mengandung vitamin D dan
kalsim, cara
duduk yang
tegak, tidur yang benar, jalan yang tegak, b
X.
KRITERIA
PENILAIAN
1.
Soal nomor 1
bernilai 6
2.
Soal nomor 2 dan
3 bernilai 2
3.
Skor maksimum 10
4.
NA = skor/ 10 x
100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
3. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN :
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU : 1 X
PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI
TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ
tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
III.
INDIKATOR
Menjelaskan
bagian-bagian indara penglihatan (mata) dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja
mata
Menjelaskan cara memelihara
kesehatan mata
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian indara penglihatan (mata) dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan
cara kerja mata
Siswa dapat menjelaskan
cara memelihara kesehatan mata
V.
MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian Mata dan
Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan awal (
10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
Tanya jawab
tentang bagian-bagian indera penglihatan
-
Diskusi tentang
cara kerja mata
-
Diskusi tentang
cara memelihara kesehatan mata
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas
-
Guru menjelaskan materi
secara klasikal
-
C.
Kegiatan akhir (
10 menit)
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat : gambar , torso
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 12 – 15
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.
Tes tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Sebutkan 5 bagian mata
manusia
2. Jelaskan cara kerja mata
3. Sebutkan 3 macam kelainan mata
4. Jelaskan cara memelihara mata
b.
Kunci jawaban
1.
Alis, kelopak,
kelenjar, bulu mata, Kornea. iris (selaput pelangi), anak mata (Pupil) retina
lensa mata , syaraf mata, otot mata.
2. pantulan
cahaya dari benda masuk ke pupil diteruskan ke lensa mata dan diarahkan
membentuk
bayangan pada retina
3. Rabun jauh (miopi), rabut dekat (hipermetropi), rabun
tua (presbiopi), buta warna
4. makan
makanan yang mengandung vitamin C, jangan membaca dengan lampu yang redup,
jarak mata jangan terlalu dekat waktu membaca atau nonon TV, jaga mata dari
debu, periksamata dan obati segera bila terasa sakit.
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 5
Jawaban yang benar
diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/5
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
4. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
i.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ
tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Menerapkan cara
memelihara kesehatan panca indera
III.
INDIKATOR
Menjelaskan
bagian-bagian pendengar (telinga) dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja
telinga
Menjelaskan cara memelihara
kesehatan telinga
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian indara pendengar (telinga) dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan
cara kerja telinga
Siswa dapat menjelaskan
cara memelihara kesehatan telinga
V.
MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian telinga
dan Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal ( 10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B. Kegiatan
Inti ( 50 menit)
-
Tanya jawab
tentang bagian-bagian indera telinga
-
Diskusi tentang
cara kerja telinga
-
Diskusi tentang
cara memelihara kesehatan telinga
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas
-
Guru menjelaskan
materi secara klasikal
C. Kegiatan
akhir ( 10 menit)
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat : gambar telinga dan
bagian-bagiannya
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 15- 17
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes
tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Sebutkan 3 bagian tengah
telinga manusia!
2. Jelaskan cara kerja telinga!
3. Sebutkan 3 macam kelainan telinga!
4. Jelaskan cara memelihara telinga!
5. Di telinga bagian mana letak saluran eustachius?
b. Kunci jawaban
1.
Bagian tengah
telinga terdiri atas: tulang maetil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi
2.
Suara masuk ke telinga ditangkap oleh gendang telinga, gendang bergetar
diteruskan oleh tulang pendengar ke
telinga bagian dalam di ujung syaraf telinga, oleh syaraf disampaikan ke otak
3. Tuli dan congek
4. bersihkan telinga dengan benda lunak seperti kapas. Jangan
mengorektelinga
dengan benda keras yang bisa
merusak gendang telinga.
5. Di bagian
tengah telinga
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 5
Jawaban yang benar
diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/5
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
5. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ
tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Menerapkan cara
memelihara kesehatan panca indera
III.
INDIKATOR
Menjelaskan
bagian-bagian hidung dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja hidung
Menjelaskan cara memelihara
kesehatan hidung
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian indara hidung dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan
cara kerja hidung
Siswa dapat menjelaskan
cara memelihara kesehatan hidung
V.
MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian hidung dan
Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal ( 10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B. Kegiatan Inti ( 50 menit)
-
Tanya jawab
tentang bagian-bagian indera hidung
-
Diskusi tentang
cara kerja hidung
-
Diskusi tentang
cara memelihara kesehatan hidung
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas
-
Guru menjelaskan
materi secara klasikal
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
-
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat : gambar hidung dan
bagian-bagiannya
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 17 - 20
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes
tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Sebutkan 2 bagian hidung
manusia!
2. Jelaskan cara kerja hidung!
3. Sebutkan 3 macam penyakit pada hidung!
4. Jelaskan cara memelihara hidung!
b. Kunci jawaban
1.
Lubang hidung dan
rongga hidung
2. bau masuk ke hidung melalui
pernapasan , di rongga hidung bau larut dengan lendir rangsangan bau diterima
urat syaraf dan diteruskan ke otak
3. flu, pilek ,influenza, polip, rusaknya syaraf
akibat cidera kepala.
4. bersihkan hidung dengan benda lunak seperti kapas. Menutup hidung
ketika
udara berdebu ,banyak asap
roko, atau kendaraan. Segera ke dokter THT bila
sakit
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 4
Jawaban yang benar
diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/4
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
6. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ
tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Menerapkan cara
memelihara kesehatan panca indera
III.
INDIKATOR
Menjelaskan
bagian-bagian lidah dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja
lidah
Menjelaskan cara memelihara
kesehatan lidah
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian indara lidah dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan
cara kerja lidah
Siswa dapat menjelaskan
cara memelihara kesehatan lidah
V.
MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian lidah dan
Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal ( 10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
Tanya jawab
tentang bagian-bagian indera lidah
-
Diskusi tentang
cara kerja lidah
-
Diskusi tentang
cara memelihara kesehatan lidah
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas
-
Guru menjelaskan
materi secara klasikal
C.
Kegiatan akhir (
10 menit)
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat : gambar lidah dan
bagian-bagiannya
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 20 -22
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes
tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Sebutkan 3 bagian lidah
manusia dan fungsinya!
2. Jelaskan cara kerja lidah!
3. Sebutkan penyakit pada lidah!
4. Jelaskan cara memelihara lidah!
b. Kunci jawaban
1.
Bagian ujung sisi
atas mengecap rasa manis ujung sisi
bawah mengecap rasa asin bagian tengah mengecap rasa asam, bagian pangkal
mengecap rasa pahit.
2.
makanan uatau minuman yang masuk mulut merangsang ujung syarap pada
lidah selanjutnya diteruskan ke otak.
3. sariawan, .
4. menghindari makanan yang terlalu panas, atau terlalu dingin.menyikat
lidah , makan yang banyak mengandung vitamin C
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 4
Jawaban yang benar
diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/4
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
7. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ
tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Menerapkan cara
memelihara kesehatan panca indera
III.
INDIKATOR
Menjelaskan
bagian-bagian kulit dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja
kulit
Menjelaskan cara memelihara
kesehatan kulit
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian indara kulit dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan
cara kerja kulit
Siswa dapat menjelaskan
cara memelihara kesehatan kulit
V.
MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian kulit dan
Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan awal (
10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
Tanya jawab
tentang bagian-bagian indera kulit
-
Diskusi tentang
cara kerja kulit
-
Diskusi tentang
cara memelihara kesehatan kulit
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas
-
Guru menjelaskan
materi secara klasikal
C.
Kegiatan akhir (
10 menit)
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat : gambar kulit dan
bagian-bagiannya
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 22 - 25
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes
tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Sebutkan 3 bagian kulit
manusia!
2. Jelaskan cara kerja kulit!
3. Sebutkan 3 penyakit pada kulit !
4. Jelaskan cara memelihara kulit!
b. Kunci jawaban
1.
Efidermis,
dermis, dan hipodermis
2.
kulit menerima rangsangan panas atau dingin tekanan atau nyeri
rangsangan tersebut diterma sel-sel reseptor diteruskan ke ujung syaraf. Oleh
otak rangsangan diolah. Otak memerintah untuka menanggap[I rangsangan tersebut.
3.
jerawat, panu, kadas, bisul
4. mandi pakai sabun ,dua kali sehari, membiasakn cuci tangan sebelum
makan
mencuci kaki sebelum tidur,
makan yang mengandung vitamin E
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 4
Jawaban yang benar
diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/4
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
8. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
II.
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hubungan
antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
III.
INDIKATOR
Menjelaskan
bagian-bagian akar dan fungsinya
Menjelaskan jenis-jenis
akar
Menjelaskan fungsi akar
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian tumbuhan
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian akar dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan
jenis-jenis akar
Siswa dapat menjelaskan
fungsi akar
Siswa dapat member
contoh tumbuhan yang berakar serabut dan berakar tunggang.
V.
MATERI POKOK
Struktur Akar dan
Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
-
Penugasan
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan awal (
10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B. Kegiatan Inti ( 50 menit)
-
Tanya jawab
tentang bagian-bagian tumbuhan
-
Diskusi tentang bagian-bagian
akar dan fungsinya
-
Diskusi tentang
jenis-jenis akar
-
Diskusi tentang fungsi
akar
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas
-
Guru menjelaskan
materi secara klasikal
-
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
-
Siswa
menyimpulkan pelajaran
-
Guru mengadakan
post test
-
Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat
: gambar tumbuhan dan
bagian-bagiannya, gambar struktur akar. Alat
peraga
alamiah(tumbuhan asli)
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 29 - 32
Lingkungan sekitar.
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes
tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Sebutkan bagian-bagian tumbuhan!
2. Jelaskan bagian-bagian akar tumbuhan!
3. Sebutkan 2 jenis akar !
4. Jelaskan 3 fungsi akar !
5. sebutkan 3 contoh tumbuhan yang berakar serabut
b. Kunci jawaban
1.
Akar. Batang,
daun biji, bunga
2.
inti akar, rambut akar dan tudung akar.
3. serabut dan
tunggang
4. menyerap air dan zat hara, menunjang berdirinya tumbuhan, sebagai
penyimpan
cadangan makanan, untuk
pernapasan.
5. padi, kelapa, jagung
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 5
Jawaban yang benar
diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/5
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
9. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
II.
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hubungan
antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
III.
INDIKATOR
Menjelaskan
bagian-bagian batang tumbuhan dan fungsinya
Menjelaskan jenis-jenis
batang tumbuhan
Menjelaskan fungsi batang tumbuhan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian batang tumbuhan dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan
jenis-jenis batang tumbuhan
Siswa dapat
menggolongkan tumbuhan berdasarkan jenis batangnya
Siswa dapat menjelaskan
fungsi batang tumbuhan
V.
MATERI POKOK
Struktur batang dan
Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
-
Penugasan
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
B.
Kegiatan awal (
10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
A.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
Diskusi tentang
bagian-bagian batang tumbuhan dan fungsinya
-
Diskusi tentang
jenis-jenis batang tumbuhan
-
Diskusi tentang
fungsi batang tumbuhan
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan
- Guru menjelaskan materi
secara klasikal
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
- Siswa menyimpulkan pelajaran
- Guru mengadakan post test
- Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat
: Gambar struktur
batang. Alat peraga alamiah (tumbuhan asli)
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 33-35
Lingkungan sekitar.
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes
tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Jelaskan bagian-bagian
batang tumbuhan!
2. Sebutkan 3 jenis batang dan contoh tumbuhannya!
3. Jelaskan 3 fungsi batang !
b. Kunci jawaban
1.
xilem, floem, cambium, empulur
2.
batang berkayu contohnya jati,
batang rumput contohnya padi, dan
batang basah. Contohnya bayam.
3. penopang, pengangkut air dan
mineral, penyimpan makanan, alat perkembang
biakan.
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 3
Jawaban yang benar
diberi skor 5 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/15
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
10. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
II.
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hubungan
antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
III.
INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian
daun tumbuhan dan fungsinya
Menjelaskan jenis-jenis
daun tumbuhan
Menjelaskan fungsi daun tumbuhan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian daun tumbuhan
Siswa dapat menjelaskan
bentuk-bentuk tulang daun tumbuhan
Siswa dapat menggolongkan tumbuhan sesuai bentuk tulang daunnya
Siswa dapat menjelaskan
fungsi daun tumbuhan
V.
MATERI POKOK
Struktur daun dan
Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
-
Penugasan
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan awal (
10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
Diskusi tentang
bagian-bagian daun tumbuhan
-
Diskusi tentang bentuk-bentuk
tulang daun tumbuhan
-
Diskusi
menggolongkan tumbuhan sesuai bentuk
tulang daunnya
-
Diskusi tentang
fungsi daun tumbuhan
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan
- Guru menjelaskan materi
secara klasikal
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
- Siswa menyimpulkan pelajaran
- Guru mengadakan post test
- Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat
: Gambar struktur
daun. Alat peraga alamiah (tumbuhan asli)
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 35-38
Lingkungan sekitar.
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes
tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Jelaskan bagian-bagian
daun tumbuhan!
2. Sebutkan 4 jenis bentuk-bentuk tulang daun!
3. Beri contoh tumbuhan berdasarkan bentuk tulangnya.
4. Jelaskan 3 fungsi daun!
c.
Kunci jawaban
1.
tangkai daun, tulangdaun, urat daun dan helai daun
2.
menyirip, melengkung, menjari, sejajar
3. - menyirip contohnya jambu, mangga
- melengkung contohnya sirih,
genjer
- menjari contohnya singkong
papaya
- Sejajar contohnya tebu padi
4. pembuat makanan, pernapasan, penguapan, bahan makanan, dll
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 4
Jawaban yang benar
diberi skor 5 jawaban salah skor 1
Sekor maksimum 20
Nilai Akhir = skor skor/20
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
11. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur bagian
tumbuhan dengan fungsinya
II.
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hubungan
antara struktur bunga tumbuhan dengan fungsinya
III.
INDIKATOR
Menjelaskan
bagian-bagian bunga tumbuhan dan fungsinya
Menjelaskan fungsi bunga
tumbuhan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan
bagian-bagian bunga tumbuhan
Siswa dapat menjelaskan
fungsi bunga tumbuhan
V.
MATERI POKOK
Struktur bunga dan
Fungsinya
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
-
Demonstrasi
-
Penugasan
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan awal ( 10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B. Kegiatan
Inti ( 50 menit)
-
Diskusi tentang
bagian-bagian bunga tumbuhan
-
Diskusi tentang
fungsi bunga tumbuhan
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan
- Guru menjelaskan materi
secara klasikal
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
- Siswa menyimpulkan pelajaran
- Guru mengadakan post test
- Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat
: Gambar struktur
batang. Alat bunga alamiah (tumbuhan asli)
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 38- 41
Lingkungan sekitar.
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.
Tes tertulis bentuk essay
Jawablah !
1. Jelaskan bagian-bagian
bunga tumbuhan!
2. Jelaskan 3 fungsi bunga!
b. Kunci
jawaban
1.
kelopak, mahkota, benang sari, putik, tangkai bunga
2.
alat perkembang biakan, hiasan, bahan obat, rempah, perlengkapan
upacara.
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 2
Jawaban yang benar
diberi skor 5 jawaban salah skor 1
Sekor maksimum 10
Nilai Akhir = skor skor/10
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
12. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi jenis
makanan hewan
III.
INDIKATOR
Menyebutkan jenis makanan hewan
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menyebutkan
jenis-jenis makanan hewan
Siswa dapat
mengidentifikasi makanan hewan yang berupa hewan lain
V.
MATERI POKOK
Jenis-jenis makanan
hewan
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
B.
Kegiatan awal ( 10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
B. Kegiatan
Inti ( 50 menit)
-
Diskusi tentang jenis-jenis
makanan hewan
-
Diskusi mengidentifikasi
makanan hewan yang berupa hewan lain
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan
- Guru menjelaskan materi
secara klasikal
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
- Siswa menyimpulkan pelajaran
- Guru
mengadakan post test
- Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat
: Gambar hewan dan makanannya
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 43-45
Lingkungan sekitar.
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.
Tes tertulis bentuk sian
1.Lengkapilah table berikut!
No
|
Nama
Hewan Pemakan tumbuhan
|
|||
daun
|
batang
|
buah
|
biji
|
|
1.
|
ulat
|
sapi
|
kera
|
ayam
|
2.
|
.….
|
..…
|
.....
|
….
|
3.
|
…..
|
…..
|
.....
|
….
|
4.
|
…..
|
…..
|
…..
|
….
|
5.
|
…..
|
…..
|
…..
|
…..
|
6.
|
….
|
….
|
…..
|
…..
|
2. lengkapilah table berikut!
No
|
Nama hewan
|
makananya
|
1.
|
kambing
|
………………
|
2.
|
………………..
|
nyamuk
|
3.
|
kelelawar
|
……………..
|
4.
|
ayam
|
………………..
|
5.
|
……………………..
|
tikus
|
6.
|
jerapah
|
……………..
|
7.
|
ular
|
………………..
|
8.
|
………………………
|
Jagung/biji-bjian
|
9.
|
ular
|
………………….
|
10.
|
…………………….
|
ikan
|
b. Kunci
jawaban (oleh guru)
X.
KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 15
Jawaban yang benar
diberi skor 1 jawaban salah skor 0
Sekor maksimum 15
Nilai Akhir = skor skor/15
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
13. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya
II.
KOMPETENSI DASAR
Menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya
III.
INDIKATOR
Menyebutkan jenis hewan pemakan tumbuhan (herbivore)
Menyebutkan jenis hewan pemakan daging (carnivore)
Menyebutkan jenis hewan pemakan segala (omnivore)
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan
pemakan tumbuhan (herbivore)
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan
pemakan daging (carnivore)
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan
pemakan segala (omnivore)
Siswa dapat membedakan
bentuk gigi hewan herbivore, carnivore,dan omnivor
Siswa dapat membedakan
bentuk paruh hewan herbivore, carnivore,dan omnivor
V.
MATERI POKOK
Jenis-jenis makanan
hewan
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
C.
Kegiatan awal ( 10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
C.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
Guru membagikan
LKS
-
Diskusi tentang contoh
hewan pemakan tumbuhan (herbivore)
-
Diskusi contoh
hewan pemakan daging (carnivore)
-
Diskusi contoh
hewan pemakan segala (omnivore)
-
Diskusi
cirri-ciri hewan herbivore, carnivore, omnivore baik giginya, paruhnya, ataupun
kakinya.
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan
- Guru menjelaskan materi
secara klasikal
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
- Siswa menyimpulkan pelajaran
- Guru mengadakan post test
- Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat
: Gambar hewan dan makanannya
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal45-47
Lingkungan sekitar.
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.
Tes tertulis bentuk sian
Jawablah dengan benar!
1.
Sebutkan 5 contoh
hewan pemakan tumbuhan (herbivore)!
2.
Sebutkan 5 contoh
hewan pemakan daging (carnivore)!
3.
Sebutkan 5 contoh
hewan pemakan tumbuhan dan daging (omnivore)!
4.
Sebutkan ciri
gigi hewan Herbivore !
5.
Sebutkan ciri
paruh burung herbivore!
b. Kunci
jawaban (oleh guru)
1. gajah, sapi, kerbau, jerpah, dan kambing
2. harimau, singa, buaya, srigala, macan
3. ayam, tikus, beruang, musang, bebek
4. gigi geraham lebar dan bergerigi.
5. tajam dan kuat melengkun ke bawah.
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 5
Jawaban yang benar
diberi skor 1 jawaban salah skor 0
Sekor maksimum 5
Nilai Akhir = skor skor/5
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
14. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : IV/I
WAKTU :
1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL :
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami daur hidup beragam jenis
makhluk hidup
II.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan daur
hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu,
katak, kucing dll
III.
INDIKATOR
Menjelaskan arti daur
hidup
Menjelaskan daur hidup
kecoa, nyamuk, dan kupu-kupu serta katak
Membedakan hewan metamorphosis sempurana dan tidak
sempurna seta contohnya
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan arti daur hidup
Siswa dapat menjelaskan
daur hidup kecoa, nyamuk, dan kupu-kupu serta katak
Siswa dapat membedakan hewan metamorphosis sempurana dan tidak
sempurna serta contohnya
V.
MATERI POKOK
Daur hidup beberapa
hewan
VI.
METODE
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Diskusi
VII.
LANGKAH – LANGKAH
PEMBELAJARAN
D.
Kegiatan awal ( 10 menit)
-
Pembiasaan
-
Mengondisikan
siswa untuk siap belajar
-
Menjelaskan
tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-
Apersepsi
D.
Kegiatan Inti (
50 menit)
-
Guru membagi
kelompok, setiap kelompok terdidri atas 4 orang siswa
-
Guru membagikan
LKS pada tiap kelompok
-
Diskusi daur
hidup kecoa, nyamuk, dan kupu-kupu serta katak
-
Diskusi
membedakan hewan metamorphosis sempurana
dan hewan metamorphosis tidak sempurna
-
Diskusi memberi
contoh hewan metamorphosis sempurana dan hewan metamorphosis tidak sempurna
-
Mempresentasikan
hasil diskusi di depan
- Guru menjelaskan materi
secara klasikal
C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
- Siswa menyimpulkan pelajaran
- Guru mengadakan post test
- Tindak lanjut
VIII.
ALAT DAN SUMBER
Alat
: Gambar hewan , gambar/skema siklus daur hidup hewan
Sumber : Buku IPA SD/MI Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 48 -50
Lingkungan sekitar.
IX.
EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.
Tes tertulis bentuk sian
Jawablah dengan benar!
1.
Apa yng dimaksud
dengan daur hidup!
2.
Jelaskan daur
hidup kecoak!
3.
Jelaskan daur
hidup Nyanuk!
4.
Jelaskan daur
hidup kupu-kupu!
5.
Jelaskan daur
hidup kucing!
6.
Apa perbedaan
hewan metemorfosis sempurna dengan metamorphosis tidak sempurna?
7.
Beri contoh hewan
metamorphosis sempuransa.
8.
Beri contoh hewan
metamorphosis tidak sempurna.
b. Kunci
jawaban (oleh guru)
1. Tahapan-tahapan yang dilalui makhluk hidup secara terus
menerus dalam pertumbuhannya
2. telur dalam selubung , tempayak , kecoa dewasa
3. telur, jentik (tempayak), pupa (kepompong), nyamuk
4. telur, ulat, kepompong, kupu-kupu.
5. anak kucing , kucing
6. metamorphosis sempurna yang melalui tahap kepompong
/ pupa
7. nyamuk,
kupu-kupu, lalat
8. kecoa, belalang , capung.
X.
KRITERIA
PENILAIAN
Banyak soal 8
Jawaban yang benar
diberi skor 1 jawaban salah skor 0
Sekor maksimum 8
Nilai Akhir = skor skor/8
x 100
Mengethui Karangasem, 2010
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
DIDING JAELUDIN, S.Pd C A S M A D
NIP.
19620608 198204 1 004 NIP. 19680403 200701 1 014
Komentar
Posting Komentar