Contoh RPP IPA kelas IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)




Oleh:
C a s m a d











KELAS IV
SEMERTER I
Tahun Ajaran : 2011-2012


SD NEGERI KARANGASEM I
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN LEUWIMUNDING
KABUPATEN MAJALENGKA


1.      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN               : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER                : IV/I
WAKTU                                  : 2 X PERTEMUAN ( 4 X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                    :

 

I.                    STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya

II.                 KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hubungan struktur rangka tubuh manusia dengan fungsinya

III.               INDIKATOR
Menjelaskan 3 bagian utama rangka tubuh manusia
Menjelaskan fungsi rangka
Menjelaskan beberapa kelainan/ penyakit rangaka
Menjelaskan cara penanggulangan penyakit rangka

                       
IV.              TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan 3 bagian utama rangka tubuh manusia
Siswa dapat menyebutkan tulang-tulang pada rangka kepala
Siswa dapat menyebutkan  tulang-tulang pada rangka badan dan anggota gerak
Siswa dapat menjelaskan beberapa sendi dan letaknya
Siswa dapat menjelaskan fungsi rangka

V.                 MATERI POKOK
Rangka Manusia

VI.              METODE
-          Ceramah   
-          Tanya jawab
-          Demonstrasi
-          Penugasan

VII.            LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
pertemuan I
A.     Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi
B.     Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Bertanya jawab bagian utama rangka tubuh manusia
-          Tanya-jawab dan peragaan tulang-tulang pada rangka kepala
-          Tanya-jawab dan peragaan tentang tulang-tulang pada rangka badan dan anggota gerak
C.     Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut

 

pertemuan II
A.   Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi
B.      Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          menjelaskan dengan demonstrasi mengenai macam-macam sendi dan letaknya
-          menjelaskan dan tanya jawab tentang fungsi rangka
C.      Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut

VIII.         ALAT DAN SUMBER
Alat                        : gambar kerangka, torso
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 1- 7

IX.              EVALUASI
1.      Jenis dan Bentuk Tes

a.       Tes tertulis bentuk essay
Jawablah !
1.      Sebutkan 3 bagian utama rangka tubuh manusia!
2.      Sebutkan 3 tulang-tulang pada rangka kepala!
3.      Sebutkan 3 tulang-tulang pada rangka badan !
4.      Sebutkan 3 nama sendi dan letaknya!
5.      Jelaskan  3  fungsi rangka!

b.      Kunci jawaban
1.      Rangka kepala, rangka badan ,rangka anggota gerak
2.      Tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang.
3.      Tulang leher, tulang punggung, tulang pinggang
4.      Sendi engsel pada siku, sendi peluru pada bahu, sendi pelana pada telapak tangan
5.      – menegakkan tubuh
  _ tempat melekatnya otot
  _ melindungi organ tubuh yang penting dan halus


X.                 KRITERIA PENILAIAN
1.      Banyak soal 5
2.      Jawaban yang benar diberi skor1 jawaban salah skor 0
3.      Nilai Akhir = skor skor/5 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014











2.      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN               : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER                : IV/I
WAKTU                                  : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                    :



I.                    STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta pemeliharaannya

II.                 KOMPETENSI DASAR
Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh.

III.               INDIKATOR
Menjelaskan beberapa gangguan atau kelainan pada rangaka akibat kebiasaan salah
Menyebutkan beberapa penyakit  tulang
Menjelaskan cara memelihara kesehatan tulang

IV.              TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan 3 kelainan pada rangaka akibat kebiasaan salah
Siswa dapat menyebutkan beberapa penyakit  tulang
Siswa dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan tualang

V.                 MATERI POKOK
Memelihara kesehatan tulang

VI.              METODE
-          Ceramah   
-          Tanya jawab
-          Demonstrasi
-          Penugasan

VII.            LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.        Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-             Apersepsi
B.        Kegiatan Inti ( 50 menit)
Tanaya jawab  serta menjelaskan kelainan pada rangaka akibat kebiasaan salah
Menjelaskan beberapa penyakit  tulang
Menjelaskan cara memelihara kesehatan tualang
C.        Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut

VIII.         ALAT DAN SUMBER

Alat                        : gambar kerangka, torso
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 7 – 11


IX.              EVALUASI
1.      Jenis dan Bentuk Tes

a.       Tes tertulis bentuk essay
Jawablah !
1.      Jelaskan  3 macam kelainan tulang akibat kebiasaan salah !
2.      Sebutkan 3 macam penyakit tulang !
3.      Bagaimana caranya memelihara kesehatan tulang?

b.      Kunci jawaban
1.      - Skoliosis, tulang belakang bengkok ke kiri/kanan
- Kifosis  tulang belakang bengkok ke belakang
- lordosis tulang bengkok ke depan
2.  polio, rakhitis, osteoporosis, rematik
3. makan makanan yang bergizi mengandung vitamin D dan kalsim, cara
    duduk yang tegak, tidur yang benar, jalan yang tegak, b

X.                 KRITERIA PENILAIAN
1.      Soal nomor 1 bernilai 6
2.      Soal nomor 2 dan 3 bernilai 2
3.      Skor maksimum 10
4.      NA = skor/ 10 x 100


              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014
































3. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN               : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER                : IV/I
WAKTU                                  : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                    :



I.                    STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya

II.                 KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya

III.               INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian indara penglihatan (mata) dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja mata
Menjelaskan cara memelihara kesehatan mata

IV.              TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian indara penglihatan (mata) dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan cara kerja mata
Siswa dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan mata

V.                 MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian Mata dan Fungsinya

VI.              METODE
-          Ceramah   
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi

VII.            LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.     Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-             Apersepsi

B.     Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Tanya jawab tentang bagian-bagian indera penglihatan
-          Diskusi tentang cara kerja mata
-          Diskusi tentang cara memelihara kesehatan mata
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-          Guru menjelaskan materi secara klasikal
-           
C.        Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut
VIII.         ALAT DAN SUMBER

Alat                        : gambar , torso
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 12 – 15

IX.              EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.    Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Sebutkan 5 bagian mata manusia
2. Jelaskan cara kerja mata
3. Sebutkan 3 macam kelainan mata
4. Jelaskan cara memelihara mata

b.    Kunci jawaban
1.   Alis, kelopak, kelenjar, bulu mata, Kornea. iris (selaput pelangi), anak mata (Pupil) retina lensa mata , syaraf mata, otot mata.
2.  pantulan cahaya dari benda masuk ke pupil diteruskan ke lensa mata dan diarahkan
     membentuk bayangan pada retina
3. Rabun jauh (miopi), rabut dekat (hipermetropi), rabun tua (presbiopi), buta warna
4. makan makanan yang mengandung vitamin C, jangan membaca dengan lampu yang redup, jarak mata jangan terlalu dekat waktu membaca atau nonon TV, jaga mata dari debu, periksamata dan obati segera bila terasa sakit.

X.                 KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 5
Jawaban yang benar diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/5 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014


























4. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


      i.                        STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya

II.                 KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

III.               INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian pendengar (telinga) dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja telinga
Menjelaskan cara memelihara kesehatan telinga

IV.              TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian indara pendengar (telinga) dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan cara kerja telinga
Siswa dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan telinga

V.                 MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian telinga dan Fungsinya

VI.              METODE
-          Ceramah   
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi

VII.            LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-             Apersepsi

B.  Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Tanya jawab tentang bagian-bagian indera telinga
-          Diskusi tentang cara kerja telinga
-          Diskusi tentang cara memelihara kesehatan telinga
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-          Guru menjelaskan materi secara klasikal

C.  Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut

VIII.         ALAT DAN SUMBER

Alat                        : gambar telinga dan bagian-bagiannya
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal   15- 17

IX.              EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Sebutkan 3 bagian tengah telinga manusia!
2. Jelaskan cara kerja telinga!
3. Sebutkan 3 macam kelainan telinga!
4. Jelaskan cara memelihara telinga! 
5. Di telinga bagian mana letak saluran eustachius?

b. Kunci jawaban
1.   Bagian tengah telinga terdiri atas: tulang maetil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi
2.  Suara masuk ke telinga ditangkap oleh gendang telinga, gendang bergetar diteruskan  oleh tulang pendengar ke telinga bagian dalam di ujung syaraf telinga, oleh syaraf disampaikan ke otak
3. Tuli dan congek
4. bersihkan telinga dengan benda lunak seperti kapas. Jangan mengorektelinga
    dengan benda keras yang bisa merusak gendang telinga.
5. Di bagian tengah telinga

X.                 KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 5
Jawaban yang benar diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/5 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014

























5. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya

II.            KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

III.          INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian hidung dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja hidung
Menjelaskan cara memelihara kesehatan hidung

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian indara hidung dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan cara kerja hidung
Siswa dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan hidung

V.            MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian hidung dan Fungsinya

VI.         METODE
-          Ceramah   
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi

VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-             Apersepsi

B. Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Tanya jawab tentang bagian-bagian indera hidung
-          Diskusi tentang cara kerja hidung
-          Diskusi tentang cara memelihara kesehatan hidung
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-          Guru menjelaskan materi secara klasikal

C. Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut
-           
VIII.    ALAT DAN SUMBER

Alat                        : gambar hidung dan bagian-bagiannya
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 17 - 20

IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Sebutkan 2 bagian hidung manusia!
2. Jelaskan cara kerja hidung!
3. Sebutkan 3 macam penyakit pada hidung!
4. Jelaskan cara memelihara hidung!  

b. Kunci jawaban
1.   Lubang hidung dan rongga hidung
2. bau masuk ke hidung melalui pernapasan , di rongga hidung bau larut dengan lendir rangsangan bau diterima urat syaraf dan diteruskan ke otak
3. flu, pilek ,influenza, polip, rusaknya syaraf akibat cidera kepala.
4. bersihkan hidung dengan benda lunak seperti kapas. Menutup hidung ketika
    udara berdebu ,banyak asap roko, atau kendaraan. Segera ke dokter THT bila
    sakit

X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 4
Jawaban yang benar diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/4 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014

 
























6. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya

II.            KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

III.          INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian lidah dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja lidah
Menjelaskan cara memelihara kesehatan lidah

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian indara lidah dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan cara kerja lidah
Siswa dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan lidah

V.            MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian lidah dan Fungsinya

VI.         METODE
-          Ceramah   
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi

VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

B.     Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Tanya jawab tentang bagian-bagian indera lidah
-          Diskusi tentang cara kerja lidah
-          Diskusi tentang cara memelihara kesehatan lidah
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-          Guru menjelaskan materi secara klasikal

C.     Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut

VIII.         ALAT DAN SUMBER

Alat                        : gambar lidah dan bagian-bagiannya
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 20 -22

IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Sebutkan 3 bagian lidah manusia dan fungsinya!
2. Jelaskan cara kerja lidah!
3. Sebutkan penyakit pada lidah!
4. Jelaskan cara memelihara lidah!  

b. Kunci jawaban  
1.   Bagian ujung sisi atas mengecap rasa manis  ujung sisi bawah mengecap rasa asin bagian tengah mengecap rasa asam, bagian pangkal mengecap rasa pahit.
2.  makanan uatau minuman yang masuk mulut merangsang ujung syarap pada lidah selanjutnya diteruskan ke otak.
3. sariawan, .
4. menghindari makanan yang terlalu panas, atau terlalu dingin.menyikat lidah , makan yang banyak mengandung vitamin C

X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 4
Jawaban yang benar diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/4 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014


























7. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsi serta
Pemeliharaannya

II.            KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera

III.          INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian kulit dan fungsinya
Menjelaskan cara kerja kulit
Menjelaskan cara memelihara kesehatan kulit

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian indara kulit dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan cara kerja kulit
Siswa dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan kulit

V.            MATERI POKOK
Alat indera manusia
Bagia-bagian kulit dan Fungsinya

VI.         METODE
-          Ceramah   
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi

VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

A.     Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

B.     Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Tanya jawab tentang bagian-bagian indera kulit
-          Diskusi tentang cara kerja kulit
-          Diskusi tentang cara memelihara kesehatan kulit
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-          Guru menjelaskan materi secara klasikal

C.     Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut
VIII.    ALAT DAN SUMBER

Alat                        : gambar kulit dan bagian-bagiannya
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 22 - 25

IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Sebutkan 3 bagian kulit manusia!
2. Jelaskan cara kerja kulit!
3. Sebutkan 3 penyakit pada kulit ! 
4. Jelaskan cara memelihara kulit!  

b. Kunci jawaban   
1.   Efidermis, dermis, dan hipodermis
2.  kulit menerima rangsangan panas atau dingin tekanan atau nyeri rangsangan tersebut diterma sel-sel reseptor diteruskan ke ujung syaraf. Oleh otak rangsangan diolah. Otak memerintah untuka menanggap[I rangsangan tersebut.
3.  jerawat,  panu, kadas, bisul
4. mandi pakai sabun ,dua kali sehari, membiasakn cuci tangan sebelum makan
    mencuci kaki sebelum tidur, makan yang mengandung vitamin E

X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 4
Jawaban yang benar diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/4 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014


























8. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

II.            KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

III.          INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian akar dan fungsinya
Menjelaskan jenis-jenis akar
Menjelaskan fungsi akar

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian tumbuhan
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian akar dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis akar
Siswa dapat menjelaskan fungsi akar
Siswa dapat member contoh tumbuhan yang berakar serabut dan berakar tunggang.
V.            MATERI POKOK
Struktur Akar dan Fungsinya

VI.         METODE
-          Ceramah   
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi
-          Penugasan

VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

A.     Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

B. Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Tanya jawab tentang bagian-bagian tumbuhan
-          Diskusi tentang bagian-bagian akar dan fungsinya
-          Diskusi tentang jenis-jenis akar
-          Diskusi tentang fungsi akar
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
-          Guru menjelaskan materi secara klasikal
-           
C.    Kegiatan akhir ( 10 menit)
-          Siswa menyimpulkan pelajaran
-          Guru mengadakan post test
-          Tindak lanjut
VIII.    ALAT DAN SUMBER

Alat                        : gambar tumbuhan dan bagian-bagiannya, gambar struktur akar. Alat
                                peraga alamiah(tumbuhan asli)
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 29 - 32
                                Lingkungan sekitar.
IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Sebutkan bagian-bagian  tumbuhan!
2. Jelaskan bagian-bagian akar tumbuhan!
3. Sebutkan 2 jenis akar  !
4. Jelaskan 3 fungsi akar !  
5. sebutkan 3 contoh tumbuhan yang berakar serabut

b. Kunci jawaban   
1.   Akar. Batang, daun biji, bunga
2.  inti akar, rambut akar dan tudung akar.
3.  serabut dan tunggang
4. menyerap air dan zat hara, menunjang berdirinya tumbuhan, sebagai penyimpan
    cadangan makanan, untuk pernapasan.
5. padi, kelapa, jagung

X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 5
Jawaban yang benar diberi skor1 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/5 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014
























9. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

II.            KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya

III.          INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian batang tumbuhan dan fungsinya
Menjelaskan jenis-jenis batang tumbuhan
Menjelaskan fungsi batang tumbuhan

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian batang tumbuhan dan fungsinya
Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis batang tumbuhan
Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan jenis batangnya
Siswa dapat menjelaskan fungsi batang tumbuhan

V.            MATERI POKOK
Struktur batang dan Fungsinya

VI.         METODE
-          Ceramah  
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi
-          Penugasan
                 
VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
B.     Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

A.     Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Diskusi tentang bagian-bagian batang tumbuhan dan fungsinya
-          Diskusi tentang jenis-jenis batang tumbuhan
-          Diskusi tentang fungsi batang tumbuhan
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan
  -    Guru menjelaskan materi secara klasikal  

C.    Kegiatan akhir ( 10 menit)
  -     Siswa menyimpulkan pelajaran
  -     Guru mengadakan post test
  -     Tindak lanjut
VIII.    ALAT DAN SUMBER

Alat                        : Gambar struktur batang. Alat peraga alamiah (tumbuhan asli)
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 33-35
                                Lingkungan sekitar.
IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Jelaskan bagian-bagian batang tumbuhan!
2. Sebutkan 3 jenis batang dan contoh tumbuhannya!
3. Jelaskan 3 fungsi batang ! 

b. Kunci jawaban   

1.  xilem, floem, cambium, empulur
2.  batang berkayu contohnya jati,  batang rumput contohnya padi,  dan batang basah. Contohnya bayam.
3.  penopang, pengangkut air dan mineral, penyimpan makanan, alat perkembang
     biakan.

X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 3
Jawaban yang benar diberi skor 5 jawaban salah skor 0
Nilai Akhir = skor skor/15 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014






























10. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

II.            KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya

III.          INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian daun tumbuhan dan fungsinya
Menjelaskan jenis-jenis daun tumbuhan
Menjelaskan fungsi daun tumbuhan

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian daun tumbuhan  
Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk tulang daun tumbuhan
Siswa dapat menggolongkan  tumbuhan sesuai bentuk tulang daunnya
Siswa dapat menjelaskan fungsi daun tumbuhan

V.            MATERI POKOK
Struktur daun dan Fungsinya

VI.         METODE
-          Ceramah  
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi
-          Penugasan
                 
VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.     Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

B.     Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Diskusi tentang bagian-bagian daun tumbuhan   
-          Diskusi tentang bentuk-bentuk tulang daun tumbuhan
-          Diskusi menggolongkan  tumbuhan sesuai bentuk tulang daunnya
-          Diskusi tentang fungsi daun tumbuhan
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan
  -    Guru menjelaskan materi secara klasikal

C.    Kegiatan akhir ( 10 menit)
  -     Siswa menyimpulkan pelajaran
  -     Guru mengadakan post test
  -     Tindak lanjut

VIII.         ALAT DAN SUMBER

Alat                        : Gambar struktur daun. Alat peraga alamiah (tumbuhan asli)
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 35-38
                                Lingkungan sekitar.
IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a.Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Jelaskan bagian-bagian daun tumbuhan!
2. Sebutkan 4 jenis bentuk-bentuk tulang daun!
3. Beri contoh tumbuhan berdasarkan bentuk tulangnya.
4. Jelaskan 3 fungsi daun!  

c.       Kunci jawaban
 
1.  tangkai daun, tulangdaun, urat daun dan helai daun
2.  menyirip, melengkung, menjari, sejajar
3. - menyirip contohnya jambu, mangga
    - melengkung contohnya sirih, genjer
    - menjari contohnya singkong papaya
  - Sejajar contohnya tebu padi
4. pembuat makanan, pernapasan, penguapan, bahan makanan, dll

X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 4
Jawaban yang benar diberi skor 5 jawaban salah skor 1
Sekor maksimum 20
Nilai Akhir = skor skor/20 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014
























11. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami hubungan antar struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

II.            KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hubungan antara struktur bunga tumbuhan dengan fungsinya

III.          INDIKATOR
Menjelaskan bagian-bagian bunga tumbuhan dan fungsinya
Menjelaskan fungsi bunga tumbuhan

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian bunga tumbuhan   
Siswa dapat menjelaskan fungsi bunga tumbuhan
 
V.            MATERI POKOK
Struktur bunga dan Fungsinya

VI.         METODE
-          Ceramah  
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Demonstrasi
-          Penugasan
                 
VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

B.   Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Diskusi tentang bagian-bagian bunga tumbuhan   
-          Diskusi tentang fungsi bunga tumbuhan
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan
  -    Guru menjelaskan materi secara klasikal  

C.    Kegiatan akhir ( 10 menit)
  -     Siswa menyimpulkan pelajaran
  -     Guru mengadakan post test
  -     Tindak lanjut

VIII.         ALAT DAN SUMBER

Alat                        : Gambar struktur batang. Alat bunga alamiah (tumbuhan asli)
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 38- 41
                                Lingkungan sekitar.
IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a. Tes tertulis  bentuk essay

Jawablah !
1. Jelaskan bagian-bagian bunga tumbuhan!
2. Jelaskan 3 fungsi bunga!  

    b. Kunci jawaban
 
1.  kelopak, mahkota, benang sari, putik, tangkai bunga
2.  alat perkembang biakan, hiasan, bahan obat, rempah, perlengkapan upacara.

X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 2
Jawaban yang benar diberi skor 5 jawaban salah skor 1
Sekor maksimum 10
Nilai Akhir = skor skor/10 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014




































12. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

II.            KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi jenis makanan hewan

III.          INDIKATOR
Menyebutkan  jenis makanan hewan

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis makanan hewan   
Siswa dapat mengidentifikasi makanan hewan yang berupa hewan lain
 
V.            MATERI POKOK
Jenis-jenis makanan hewan

VI.         METODE
-          Ceramah  
-          Tanya jawab
-          Diskusi
                 
VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
B.      Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

B.   Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Diskusi tentang jenis-jenis makanan hewan    
-          Diskusi mengidentifikasi makanan hewan yang berupa hewan lain
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan
  -    Guru menjelaskan materi secara klasikal  

C.    Kegiatan akhir ( 10 menit)
  -     Siswa menyimpulkan pelajaran
  -     Guru mengadakan post test
  -     Tindak lanjut

VIII.         ALAT DAN SUMBER

Alat                        : Gambar  hewan dan makanannya
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 43-45
                                Lingkungan sekitar.
IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a. Tes tertulis  bentuk sian
 1.Lengkapilah table berikut!

No
Nama Hewan Pemakan tumbuhan
daun
batang
buah
biji
1.         
ulat
sapi
kera
ayam
2.         
.….
..…
.....
….
3.         
…..
…..
.....
….
4.         
…..
…..
…..
….
5.         
…..
…..
…..
…..
6.         
….
….
…..
…..
   
2. lengkapilah table berikut!

No
Nama hewan
makananya
1.        
kambing
………………
2.        
………………..
nyamuk
3.        
kelelawar
……………..
4.        
ayam
………………..
5.        
……………………..
tikus
6.        
jerapah
……………..
7.        
ular
………………..
8.        
………………………
Jagung/biji-bjian
9.        
ular
………………….
10.   
…………………….
ikan
  

    b. Kunci jawaban (oleh guru)
                         
X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 15
Jawaban yang benar diberi skor 1 jawaban salah skor 0
Sekor maksimum 15
Nilai Akhir = skor skor/15 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014






















13. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

II.            KOMPETENSI DASAR
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

III.          INDIKATOR
Menyebutkan  jenis hewan pemakan tumbuhan (herbivore)
Menyebutkan  jenis hewan pemakan daging (carnivore)
Menyebutkan  jenis hewan pemakan segala (omnivore)

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan pemakan tumbuhan (herbivore)
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan pemakan daging (carnivore)
Siswa dapat menyebutkan contoh hewan pemakan segala (omnivore)
Siswa dapat membedakan bentuk gigi hewan herbivore, carnivore,dan omnivor
Siswa dapat membedakan bentuk paruh hewan herbivore, carnivore,dan omnivor

V.            MATERI POKOK
Jenis-jenis makanan hewan
                 
VI.         METODE
-          Ceramah  
-          Tanya jawab
-          Diskusi

VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
C.      Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

C.     Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Guru membagikan LKS
-          Diskusi tentang contoh hewan pemakan tumbuhan (herbivore)
-          Diskusi contoh hewan pemakan daging (carnivore)
-          Diskusi contoh hewan pemakan segala (omnivore)
-          Diskusi cirri-ciri hewan herbivore, carnivore, omnivore baik giginya, paruhnya, ataupun kakinya.
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan
  -    Guru menjelaskan materi secara klasikal   

C.    Kegiatan akhir ( 10 menit)
  -     Siswa menyimpulkan pelajaran
  -     Guru mengadakan post test
  -     Tindak lanjut
VIII.         ALAT DAN SUMBER
Alat                        : Gambar  hewan dan makanannya
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal45-47
                                Lingkungan sekitar.
IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a. Tes tertulis  bentuk sian

Jawablah dengan benar!
1.      Sebutkan 5 contoh hewan pemakan tumbuhan (herbivore)!
2.      Sebutkan 5 contoh hewan pemakan daging (carnivore)!
3.      Sebutkan 5 contoh hewan pemakan tumbuhan dan daging (omnivore)!
4.      Sebutkan ciri gigi hewan Herbivore  !
5.      Sebutkan ciri paruh burung herbivore!

    b. Kunci jawaban (oleh guru)
1. gajah, sapi, kerbau, jerpah, dan kambing
2. harimau, singa, buaya, srigala, macan
3. ayam, tikus, beruang, musang, bebek
4. gigi geraham lebar dan bergerigi.
5. tajam dan kuat melengkun ke bawah.
                         
X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 5
Jawaban yang benar diberi skor 1 jawaban salah skor 0
Sekor maksimum 5
Nilai Akhir = skor skor/5 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014






























14. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN                         : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER              : IV/I
WAKTU                                 : 1 X PERTEMUAN ( 2X 35 MENIT)
HARI TANGGAL                  :


I.               STANDAR KOMPETENSI
Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

II.            KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, katak, kucing dll

III.          INDIKATOR
Menjelaskan arti daur hidup
Menjelaskan daur hidup kecoa, nyamuk, dan kupu-kupu serta katak
Membedakan  hewan metamorphosis sempurana dan tidak sempurna seta contohnya

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan arti daur hidup
Siswa dapat menjelaskan daur hidup kecoa, nyamuk, dan kupu-kupu serta katak
Siswa dapat membedakan  hewan metamorphosis sempurana dan tidak sempurna serta contohnya

V.            MATERI POKOK
Daur hidup beberapa hewan         
VI.         METODE
-          Ceramah  
-          Tanya jawab
-          Diskusi

VII.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
D.      Kegiatan awal ( 10 menit)
-          Pembiasaan
-          Mengondisikan siswa untuk siap belajar
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran serta langkah-langkahnya
-          Apersepsi

D.     Kegiatan Inti ( 50 menit)
-          Guru membagi kelompok, setiap kelompok terdidri atas 4 orang siswa
-          Guru membagikan LKS pada tiap kelompok
-          Diskusi daur hidup kecoa, nyamuk, dan kupu-kupu serta katak
-          Diskusi membedakan  hewan metamorphosis sempurana dan hewan metamorphosis tidak sempurna
-          Diskusi memberi contoh hewan metamorphosis sempurana dan hewan metamorphosis tidak sempurna
-          Mempresentasikan hasil diskusi di depan
  -    Guru menjelaskan materi secara klasikal   

C.    Kegiatan akhir ( 10 menit)
  -     Siswa menyimpulkan pelajaran
  -     Guru mengadakan post test
  -     Tindak lanjut
VIII.         ALAT DAN SUMBER
Alat                        : Gambar  hewan , gambar/skema  siklus daur hidup hewan  
Sumber                  : Buku IPA SD/MI  Budi Wahyono Pusat Perbukuan hal 48 -50
                                Lingkungan sekitar.
IX.         EVALUASI
1. Jenis dan Bentuk Tes
a. Tes tertulis  bentuk sian
Jawablah dengan benar!
1.      Apa yng dimaksud dengan daur hidup!
2.      Jelaskan daur hidup kecoak!
3.      Jelaskan daur hidup Nyanuk!
4.      Jelaskan daur hidup kupu-kupu!
5.      Jelaskan daur hidup kucing!
6.      Apa perbedaan hewan metemorfosis sempurna dengan metamorphosis tidak sempurna?
7.      Beri contoh hewan metamorphosis sempuransa.
8.      Beri contoh hewan metamorphosis tidak sempurna.

    b. Kunci jawaban (oleh guru)
1. Tahapan-tahapan yang dilalui makhluk hidup secara terus menerus dalam pertumbuhannya
2. telur dalam selubung , tempayak , kecoa dewasa
3. telur, jentik (tempayak), pupa (kepompong), nyamuk
4. telur, ulat, kepompong, kupu-kupu.
5. anak kucing , kucing
6. metamorphosis sempurna yang melalui tahap kepompong / pupa
7.  nyamuk, kupu-kupu, lalat
8. kecoa, belalang , capung.
                         
X.            KRITERIA PENILAIAN
Banyak soal 8
Jawaban yang benar diberi skor 1 jawaban salah skor 0
Sekor maksimum 8
Nilai Akhir = skor skor/8 x 100



              Mengethui                                                         Karangasem,                                   2010
          Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV




   DIDING JAELUDIN, S.Pd                                                                   C A S M A D
NIP. 19620608 198204 1 004                                                   NIP. 19680403 200701 1 014


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS JABATAN KEPALA SEKOLAH DASAR (SD)

CONTOH PROPOSAL PTK

contoh soal ulangan MULOK [Agribisnis]